Percantik Perbatasan Kota, Hadiah Gresik Untuk HUT Kemerdekaan RI

Jemmi Purwodianto - detikJatim
Jumat, 12 Agu 2022 22:47 WIB
Gapura di Gresik mulai diperbaiki
Gapura selamat datang di Gresik direnovasi (Jemmi Purwodianto/detikJatim)
Gresik -

Pemkab Gresik memperbaiki taman area gapura perbatasan kota. Wajah pintu masuk ke Gresik dari Surabaya itu mulai diperbaiki Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Gresik.

Dari pantauan detikJatim, rangkaian huruf-huruf berbentuk tulisan Kota Gresik yang biasa di jumpai di taman tersebut hilang. Tampak beberapa pekerja memperbaiki gapura khas Kota Santri itu.

PLT Kepala DLH Pemkab Gresik Ketut Pratino mengatakan perbaikan taman tersebut merupakan pemeliharaan rutin. Namun terdapat sejumlah item yang difokuskan. Terutama perbaikan huruf pada ornamen tulisan Kota Gresik.

"Iya karena itu faktor usia, sudah mulai keropos. Jadi huruf-huruf itu kita lepas mau diganti dengan yang baru lebih modern. Jadi kalau malam bisa bercahaya," kata Ketut.

Ketut menjelaskan perbaikan itu merupakan program lama yang baru terealisasi pada bulan Agustus. Dimana, ini juga sebagai hadiah dari Kabupaten Gresik untuk HUT kemerdekaan RI ke 77.

"Ya ketepatan dengan HUT RI, jadi ini adalah bentuk syukur kita dengan merawat apa yang ditinggalkan oleh para pejuang kemerdekaan. Ini hadiah kita untuk kemerdekaan Indonesia," tutur Ketut.

Selain memperbaiki ornamen, para petugas juga merapikan tanaman di sana. Tujuannya agar taman tersebut lebih banyak terkena sinar matahari. Selain itu beberapa patung di Gapura juga dilakukan pengecatan ulang.

"Total anggarannya Rp 130 Juta. Jadi warga Gresik atau yang mau berkunjung ke Gresik, bisa terpesona ketika melintas di Kota Santri," imbuh Ketut.

Ketut berharap agar masyarakat turut menjaga taman itu. Sebab, taman tersebut merupakan wajah pertama begitu memasuki Gresik.

"Ya harapan saya kita sudah mempercantik wajah pertama di Gresik. Warga juga harus menjaga, jangan malah merusak," tutup Ketut.



Simak Video "2 Konten Kreator TikTok Sukses Cetak Rekor MURI"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)