Sederet Keistimewaan Posisi Lotus dalam Bercinta

Tim detikJatim - detikJatim
Kamis, 11 Agu 2022 17:49 WIB
beautiful lotus flower on the water after rain in garden.
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto
Surabaya -

Posisi lotus itu apa? Pertanyaan tersebut tengah trending di mesin pencarian google.

Ternyata, istilah 'posisi lotus' ada di dunia yoga dan dalam buku Kamasutra. Dikutip dari Everyday Yoga, posisi lotus merupakan salah satu pose yoga klasik.

Ada juga yang menyebutnya posisi teratai, di mana kaki membentuk formasi petal seperti bunga lotus.

Sementara dalam buku Kamasutra atau dalam konteks variasi bercinta, posisi lotus merupakan posisi di mana sepasang yang sedang bercinta saling berhadapan, dengan kaki dan lengan saling merangkul satu sama lain.

"Ini posisi yang sulit untuk dilakukan, tergantung bentuk, ukuran, perbedaan tinggi badan, dan kapasitas mobilitas tubuh Anda," kata pakar seks dan psikolog Jenn Gunsaullus, dikutip dari Cosmopolitan.

Menurut Jenn, fokus utama dari posisi lotus bukan orgasme. Tapi sensasi penuh gairah dan energi.

Posisi lotus dinilai Cocok untuk membangun keintiman. Bukan sekadar menyalurkan libido.

"Ini adalah posisi yang hebat untuk mempraktikkan saling memandang, menyelaraskan napas, atau ciuman penuh gairah," tambah Jenn.

Pernyataan senada juga disampaikan Pemerhati seks dan keharmonisan rumah tangga, dr Boyke Dian Nugraha, SpOG. Menurutnya, posisi lotus punya banyak kelebihan atau keistimewaan.

Bahkan menurutnya, posisi lotus bisa menjadi jawaban bagi pasangan yang kerap kesulitan mencapai sensasi orgasme bersama.

"Lotus seperti bunga, seperti itu, itu salah satu variasi. Kalau posisi lotus yang posisi bunga itu salah satu yang ada di buku Kamasutra ya, atau ada di The Perfume Garden dalam bukunya," jelas dr Boyke pada sesi temu media di Jakarta Selatan, Kamis (11/8/2022).



Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]