Kabar Pendidikan

Bingung Kuliah Apa? Cek Referensi 4 Jurusan Unesa Sepi Peminat

Tim detikEdu - detikJatim
Jumat, 29 Jul 2022 08:18 WIB
unesa
Universitas Negeri Surabaya. (Foto: Esti Widiyana/detikJatim)
Surabaya -

Kuliah di kampus negeri sudah menjadi impian hampir setiap pelajar dan orang tua. Nah, supaya lolos masuk kampus negeri, perlu ada strategi jitu nih. Salah satunya mencari jurusan yang sepi peminat. Ada sejumlah jurusan di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang peminatnya cuma 20-an orang.

Buat detikers yang masih mencari kampus negeri, sebenarnya Unesa masih membuka pendaftaran Seleksi Mandiri melalui SPMB Reguler hingga 29 Juli. Tapi kalau belum kebagian, kalian bisa jadikan informasi ini sebagai referensi untuk memilih jurusan saat pendaftaran mahasiswa selanjutnya.

Seperti dilansir detikEdu dari situs resmi kampus dan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Jumat (29/7/2022), berikut ini 4 jurusan yang sepi peminat di Unesa dan bisa menjadi referensi kamu dalam memilih program studi (prodi).

1. D4 Kepelatihan Olahraga

Program studi D4 Kepelatihan Olahraga merupakan jurusan kuliah di Unesa yang paling sepi peminat dengan jumlah 22 orang. Dalam prodi ini, lulusannya diharapkan dapat menjadi pelatih dan guru olahraga yang memiliki akademis, profesionalitas, dan bersaing dalam dunia global.

2. S1 Seni Rupa Murni

Jurusan S1 Seni Rupa Murni menempati urutan kedua prodi yang sepi peminat. Pada jurusan ini, peminatnya hanya mencapai 60 orang. Prodi Seni Rupa Murni bertujuan mencetak lulusan yang dapat menguasai keterampilan teoritis dan praktis dunia kesenirupaan.

Prospek kerja S1 Seni Rupa Murni yaitu bisa menjadi kurator seni, kritikus seni, hingga pengajar seni.

3. S1 Pendidikan Bahasa Jerman

Jurusan selanjutnya yang sepi peminat adalah S1 Pendidikan Bahasa Jerman. Peminat prodi ini hanya mencapai angka 68 orang. Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman bertujuan menghasilkan pendidik Bahasa Jerman yang profesional dan berwawasan internasional.

4. D4 Transportasi

Prodi terakhir ada D4 Transportasi dengan jumlah peminat 84 orang. Di jurusan ini, nantinya para lulusan akan diproyeksikan untuk mengisi jabatan di berbagai pelabuhan atau dermaga di seluruh Indonesia.

Selain itu, mereka juga bisa mengisi jabatan di Kementerian Perhubungan, Pemerintah Daerah, BUMN, dan stakeholder industri maritim.

Nah, itulah 4 jurusan Unesa yang sepi peminat. Bagi kamu yang tertarik mendaftar, dapat mengikuti Seleksi Mandiri SPMB Reguler berikutnya. Informasi selengkapnya bisa kamu cek di laman pmb.unesa.ac.id.



Simak Video "Langka, Inilah Mode Transportasi di Perbatasan Jagoi Babang Indonesia- Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/fat)