Gusi Anda Bengkak, Simak Cara Mudah Meredakan Nyerinya

Tim detikJatim - detikJatim
Senin, 27 Jun 2022 21:41 WIB
Ilustrasi sakit gigi
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/MarianVejcik)
Surabaya -

Salah satu kondisi gigi yang kerap mengganggu aktivitas seseorang adalah gusi bengkak. Kondisi ini merupakan salah satu gangguan mulut yang bisa bikin penderitanya kehilangan nafsu makan akibat pembesaran pada gusi. Lalu, bagaimana mengobati gusi bengkak?

Menurut dokter gigi asal Surabaya, drg Elisea Kimora Sp KG, penyebab gusi bengkak sangat beragam. Misalnya kuman yang masuk jalan gusi, gigi berlubang, atau faktor hormonal.

"Kalau hormonal itu contohnya saat hamil. Sebagian ibu hamil mengalami gusi bengkak," ujar drg Elisea saat dihubungi detikJatim, Selasa (28/6/2022).

Selain itu, ada juga faktor karang gigi yang menyebabkan gusi bengkak. Bahkan, pembengkakan gusi akibat karang gigi bisa infeksi jika sudah parah.

"Kalau lagi hamil malah bisa keguguran kalau infeksi. Karena gusi banyak pembuluh darah yang tersambung ke organ-organ vital," ucap alumnus Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (FKG Unair) itu.

Karenanya, drg Elisea menyarankan untuk rajin membersihkan karang gigi. Yakni 3 bulan sekali.

Sedangkan pengobatan gusi bengkak sebaiknya langsung menghubungi dokter gigi terdekat. Namun, untuk meminimalisir nyeri akibat gusi bengkak adalah berkumur dengan air garam hangat.

"Ini yang paling bagus dan ada sumber ilmiahnya. Karena cairan air garam hangat paling mendekati cairan tubuh manusia. Ini hanya untuk meminimalisir ya, selanjutnya bisa hubungi dokter gigi terdekat," jelas drg Elisea.



Simak Video "Busa Setinggi 2 Meter Muncul di Sungai Mulyorejo, Ini Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/sun)