Kabar Daerah

Bus Bermuatan Solar Tabrak Lima Warga Sumut, Satu Tewas

Tim detikSumut - detikJatim
Minggu, 26 Jun 2022 16:25 WIB
Kondisi bus yang masuk ke parit diderek usai tabrak sejumlah pemotor di Kisaran. (Perdana Ramadhan/detikSumut).
Foto: Kondisi bus yang masuk ke parit diderek usai tabrak sejumlah pemotor di Kisaran. (Perdana Ramadhan/detikSumut).
Kisaran -

Tabrakan beruntun terjadi di Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) pada Sabtu (25/6). Pada peristiwa itu, bus bermuatan solar dalam drum menabrak 5 pengendara sepeda motor. Satu orang tewas dalam kejadian tersebut.

Dilansir detikSumut, peristiwa itu terjadi pukul 23:30 WIB di sekitar SPBU Jalan Budi Utomo, Kisaran. Korban tewas bernama Raihan (17). Korban sebelumnya sempat dibawa ke RSU Haji Abdul Manan Simatupang Kisaran.

Berdasar keterangan warga, awalnya bus tersebut menyerempet salah seorang pemotor yang melintas di Jalan Budi Utomo. Sopir bus diduga panik karena muatannya sudah dimodifikasi dengan timbunan puluhan jerigen solar. Akibatnya, sopir bus kabur dengan kecepatan tinggi dan dikejar warga.

Saat dikejar sampai 3 kilometer, tepatnya di Kelurahan Siumbut Baru, bus tersebut kembali menabrak sejumlah pemotor lainnya. Karena kehilangan kendali, bus tersebut masuk ke dalam parit.

"Mobil (bus) itu sudah duluan nabrak dari sana bang, jadi begitu lari kecepatan tinggi, mobil ini jumpa kereta (motor) di sini, dia tak bisa ngelak. Ada rombongan pemotor itu ditabraknya, termasuk yang boncengan suami istri," kata salah warga di lokasi kejadian, Haura Syah.

Haura juga menyebut bahwa salah satu korban adalah tetangganya. Saat kejadian, warga ramai-ramai menolong para korban dan dibawa ke rumah sakit umum Kisaran.

"Tetangga saya itu satu bang korbannya, kayaknya parah. Semua korban di rumah sakit umum," kata dia.

Sementara itu, warga lain melihat ada 3 orang termasuk sopir di dalam bus tersebut. Dua orang berhasil kabur setelah menabrak. Sementara seorang lagi berhasil diamankan warga.

"Tiga orang mereka di dalam mobil itu. Dua lari satu diamankan warga," ujarnya.

Pantauan detikSumut beberapa menit usai kejadian, warga tampak memadati lokasi tabrakan tersebut. Kondisi ini menyebabkan kerumunan warga dan kemacetan panjang di lokasi. Satu jam kemudian, sebuah mobil derek Satlantas Polres Asahan tiba di lokasi dan mengamankan bus.

Kanit Laka Lantas Polres Asahan Ipda Muhammad Rony membenarkan peristiwa kecelakaan tersebut. Namun, pihaknya belum bisa merinci kronologi dan mengaku masih menghimpun data korban

"Kejadiannya tengah malam tadi. Bus ini nabrak pengendara sepeda motor ada lima orang korban satu meninggal dunia," ujarnya singkat Minggu (26/6/2022).



Simak Video "Tabrakan Beruntun Terjadi di Tol Layang MBZ, Lalin Macet Parah!"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/iwd)