Api Obor Porprov VII Jatim Berasal dari Blue Fire Kawah Ijen

Chuk Shatu Widarsha - detikJatim
Senin, 20 Jun 2022 14:30 WIB
Pengambilan api obor Porprov Jatim
Pengambilan api obor Porprov Jatim (Foto: Chuk S Widharsa/detikJatim)
Bondowoso -

Perhelatan Porprov VII Jatim bakal digelar mulai 25 Juni hingga 2 Juli 2022. Api obor kirab diambil dari blue fire atau api biru di Kawah Ijen, Bondowoso.

Setelah diambil dari blue fire Kawah Ijen, obor tersebut lantas dikirab ke kabupaten yang menjadi tuan rumah Porprov VII 2022. Yakni Bondowoso, Situbondo, Jember, dan Lumajang.

Pantauan detikJatim di lokasi, tim yang terdiri dari para atlet Bondowoso dan beberapa tim pendukung tersebut naik ke Kawah Ijen pada Senin (20/6/2022) sekitar pukul 01.00 WIB dini hari. Mereka berlari menyusuri rute pendakian.

Setelah sampai di puncak, tim lantas turun ke kawah dan area penambangan belerang. Di lokasi api yang disebut satu-satunya di dunia itu, mereka mengambil api berasal dari blue fire Kawah Ijen.

Api biru itu lantas disulutkan ke obor yang telah disediakan. Tim tersebut lantas membawa obor kembali naik ke bibir kawah yang memiliki ketinggian 2.386 mdpl tersebut.

Selanjutnya, tim pembawa obor turun kembali menyusuri jalur semula diikuti atlet-atlet pendukung dengan tetap dengan cara berlari. Kendati hawa dingin terasa menusuk tulang.

Sesampainya di Pos Paltuding, api obor berasal dari api biru tersebut lantas dialihkan dan disulutkan ke sebuah kaldron mini yang sudah disediakan.

PB Porprov Jatim kemudian menyerahkan kaldron mini berisi api tersebut ke Pemkab Bondowoso untuk dikirab menggunakan mobil, menyusuri beberapa wilayah hingga sampai ke pusat kota Bondowoso.

"Alhamdulillah, Bondowoso mendapat kepercayaan untuk mengambil api untuk obor kirab dan kaldron Porprov Jatim 2022," kata Kadis Parpora Bondowoso, Mulyadi, ditemui di Pos Paltuding, Ijen, Senin (20/6/2022).

Menurutnya, menjadi kebanggaan khusus bagi tuan rumah dan semua kontingen daerah dalam Porprov VII Tahun 2022 ini, saat apinya diambil dari blue fire, yang merupakan satu-satunya di dunia.

"Api obornya diambil dari blue fire Kawah Ijen yang hanya ada satu di dunia. Semoga ini menjadi simbol semangat bagi para atlet dalam berlaga di Porprov," pungkas Mulyadi.



Simak Video "Ricuh Pertandingan Bola Porprov Jatim, Pemain 2 Tim Baku Hantam!"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)