Cerita Penumpang soal Kapal Kandas di Sumenep

Ahmad Rahman - detikJatim
Kamis, 05 Mei 2022 21:58 WIB
Kapal berpenumpang 434 orang kandas di perairan Setabok, Kecamatan Sapeken, Sumenep. Armada ini yakni KM Sabuk Nusantara 91.
Evakuasi para penumpang/Foto: Istimewa (dok.Polres Sumenep)
Sumenep -

Kapal berpenumpang 434 orang kandas di perairan Setabok, Kecamatan Sapeken, Sumenep. Seorang penumpang menduga, kandasnya KM Sabuk Nusantara 91 karena ada kesalahan teknis.

"Sepertinya ada kesalahan teknis. Kami tidak paham mudah-mudahan itu bukan human error karena saat kejadian itu cukup jelas terlihat oleh penumpang bahwa itu memang daerah karang atau pasir," kata penumpang, Hidayaturrahman, Kamis (5/5/2022).

Kapal Sabuk Nusantara 91 dinakhodai oleh Kapten Kuseno dengan ABK sebanyak 22 orang. Mereka sempat berusaha memundurkan kapal agar terlepas dari karang Teluk Sapatako. Namun tidak berhasil sementara kondisi air laut surut. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan laut tersebut.

"Pukul 12.15 WIB, KM Keperintisan Sabuk Nusantara 91 lepas tali dari dermaga Kecamatan Sapeken, akan melakukan perjalanan pelayaran dari Pelabuhan Sapeken menuju Pelabuhan Kangean. Saat melintasi perairan Pulau Setabok Kecamatan Sapeken (jarak dari Pulau Sapeken sekitar 4 mil dari TKP), KM Sanus 91 mengalami kandas di koordinat LS -6.94009 dan BT 115.68813," kata Kapolres Sumenep AKBP Rahman Wijaya.

Kapal tersebut membawa 434 orang penumpang. Kendaraan roda dua ada 13 unit.

Usai menerima laporan, pihaknya melakukan koordinasi dengan KaUPP dan Forpimka Sapeken. Lalu diberangkatkan 4 kapal motor dari Pulau Sapeken untuk evakuasi para penumpang.

Semua penumpang diturunkan untuk mengurangi beban kapal. Setelah bisa keluar, KM Sabuk Nusantara 91 kembali ke pelabuhan sapeken untuk sandar dan menaikkan kembali penumpang. Namun air laut masih surut sehingga kapal belum bisa berlayar kembali.

Kasubbag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti menambahkan, kapal kandas setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit. Kapal menabrak karang.

"Setelah perjalanan sekitar 30 menit Kapal Sabuk Nusantara 91 terlalu melambung sehingga terdengar ledakan keras di lambung kapal, dan ternyata kapal kandas menabrak karang," kata Widiarti.



Simak Video "Detik-detik Dua Kapal di Selat Bali Tabrakan"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/sun)