Dukung UMKM Jateng Bangkit, Tokopedia Gencarkan Inisiatif Hyperlocal

Sukma Nur Fitriana - detikJateng
Selasa, 16 Agu 2022 10:59 WIB
Kerja Sama Tokopedia dan Jawa Tengah
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Memperingati Hari Ulang Tahun Jawa Tengah, Tokopedia mengungkap kenaikan jumlah transaksi belanja online di provinsi tersebut. Tercatat pada semester 1 2022 jumlah transaksi yang terjadi di Jawa Tengah mengalami kenaikan hampir 1,5x lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama.

Meningkatnya transaksi belanja online tersebut ikut mendorong sejumlah kategori produk seperti Elektronik, Handphone & Tablet, Kesehatan, dan Makanan & Minuman menjadi kategori paling laris di kuartal II 2022. Melihat pertumbuhan ekonomi yang baik ini membuat Tokopedia terus berupaya mendukung para pelaku usaha lokal mengembangkan usahanya secara digital.

"Pertumbuhan ini mendorong kami untuk terus konsisten menjalankan sederet program lewat inisiatif Hyperlocal seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) hingga Tokopedia Nyam!. Harapannya, inisiatif ini dapat mendorong kemajuan para pelaku usaha lokal, tak terkecuali di Jawa Tengah demi mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia," ujar Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni dalam keterangan terulis, Selasa (16/8/2022).


Tokopedia juga terus konsisten mendukung perkembangan UMKM di Indonesia, termasuk di Jawa Tengah dengan berkolaborasi bersama mitra strategis, dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, melalui kegiatan UMKM Bangkit 2022 yang diadakan pada tanggal 11 Agustus 2022 yang lalu.

Kegiatan pendampingan UMKM yang dilakukan Tokopedia di Jawa Tengah ini meliputi pelatihan literasi keuangan dengan topik "Cara Memperoleh dan Mengelola Modal Usaha", pelatihan onboarding UMKM, pelatihan panduan pendaftaran NIB (Nomor Induk Berusaha) bagi UMKM, serta pelatihan fotografi untuk memasarkan produk UMKM.

"Kami berharap agar kegiatan UMKM Bangkit yang diikuti lebih dari 100 UMKM secara offline dan 300 UMKM secara online dari seluruh wilayah Jawa Tengah, dapat meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM di Jawa Tengah untuk bangkit dan terus berkontribusi memulihkan ekonomi dalam negeri," imbuh Astri.

Sementara itu, menurut pengalaman pemilik bisnis Butterhalf Harry Xiao yang dengan aktif mengikuti kampanye KTP Semarang dan Tokopedia Nyam!, ia merasakan dampak terhadap kelangsungan bisnisnya yang fokus berjualan produk makanan, seperti brownies dan cookies.

"Sejak bergabung dengan Tokopedia, kami mengalami kenaikan transaksi hampir 3x lipat dibandingkan sebelumnya," ujar Harry.

Hal serupa juga dirasakan oleh pemilik usaha asal Pekalongan Sarung Batik Azka Collection, Nafi'. Pemuda yang memulai usahanya sejak usia 18 tahun sekaligus menjadi tulang punggung keluarga mengatakan bahwa Tokopedia menjadi salah satu cara untuk memperluas pasar.

"Sejauh ini pengiriman sudah pernah ke Aceh hingga Papua, dengan memanfaatkan fitur TopAds Tokopedia yang membantu untuk meningkatkan penjualan hingga seluruh Indonesia," ungkapnya.



Simak Video "Dilayani Tokopedia Dongkrak Omzet UMKM Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)