HUT RI Ke-77, Ganjar Bentangkan Merah Putih Bareng Serikat Buruh

Hanifa Widyas - detikJateng
Rabu, 17 Agu 2022 12:09 WIB
HUT RI Ke-77, Ganjar Bentangkan Merah Putih Bareng Serikat Buruh
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo membentangkan bendera merah putih bersama Serikat Buruh Migran Indonesia sepanjang 22 meter saat upacara HUT RI ke-77 di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, Rabu (17/8).

Diketahui, awalnya Ganjar tengah menyerahkan dana sebesar Rp 50 juta untuk bantuan bedah rumah. Ia menyerahkan dana tersebut ke dua veteran usai menjadi inspektur upacara peringatan HUT RI ke-77.

Pada saat bersamaan, di belakang Ganjar nampak sejumlah buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Migran Indonesia berbaris secara rapi. Mereka membawa bendera merah putih di sebuah wadah rotan.


Mengetahui hal tersebut, Ganjar berbalik dan menghampiri mereka. Kemudian para buruh tersebut mengajak Ganjar membentangkan bendera tersebut. Ganjar pun langsung menurutinya.

"Yuk kita kibarkan bareng-bareng. Ayo itu para pelajar ikut juga ya," kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Rabu (17/8/2022).

Ganjar menjelaskan bendera panjang itu adalah hasil jahitan tangan para buruh. Selain itu, para buruh juga menggalang dana kepada sejumlah donatur untuk memproduksi bendera tersebut.

Ganjar mengatakan secara khusus para buruh membuat bendera tersebut sejak Oktober 2021 untuk ditampilkan di upacara HUT RI ke-77 di Jateng. Menurutnya, para buruh ingin berekspresi terhadap kontribusinya.

"Mereka menjahit sendiri, mereka mencari donatur sendiri, sebenarnya itu ekspresi yang ingin mereka sampaikan bahwa ya kami dari buruh juga berkontribusi," katanya.

Ganjar melanjutkan kecintaan para buruh terhadap Tanah Air dibuktikan dengan hal yang mereka lakukan. Ganjar pun merasa senang bisa mengundang mereka di upacara HUT RI ke-77 di Jateng.

(akd/ega)