Surat Az Zalzalah Jelaskan Gambaran Hari Kiamat, Seperti Apa?

Kristina - detikEdu
Selasa, 28 Jun 2022 06:00 WIB
kiamat
Ilustrasi hari kiamat. Foto: via Brainberries
Jakarta -

Surat Az Zalzalah adalah surat ke-99 dalam urutan mushaf Al-Quran. Surat ini berisi gambaran tentang hari kiamat dan hal yang akan dilalui umat manusia setelahnya.

M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al Mishbah menjelaskan, mayoritas ulama berpendapat bahwa surat ini turun di Mekkah sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah. Sehingga, surat Az Zalzalah tergolong surat Makkiyah.

Ada pendapat lain yang mengatakan bahwa surat Az Zalzalah ayat 7 dan 8 turun di Madinah. Namun, pendapat ini tidak didukung oleh banyak ulama.

Nama surat Az Zalzalah diambil dari ayat pertamanya. Al Zalzalah artinya guncangan. Pada masa sahabat Nabi SAW, surat ini dikenal dengan nama Idza Zulzilat. Ibn 'Umar berkata,"Idza Zulzilat turun saat Abu Bakar RA sedang duduk menangis."

Surat Az Zalzalah terdiri dari 8 ayat. Berikut bacaan Arab, latin, dan artinya.

Bacaan dan Arti Surat Az Zalzalah

اِذَا زُلْزِلَتِ الْاَرْضُ زِلْزَالَهَاۙ - ١

izā zulzilatil-arḍu zilzālahā
1. Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat,

وَاَخْرَجَتِ الْاَرْضُ اَثْقَالَهَاۙ - ٢

wa akhrajatil-arḍu asqālahā
2. bumi mengeluarkan isi perutnya,

وَقَالَ الْاِنْسَانُ مَا لَهَاۚ - ٣

wa qālal-insānu mā lahā
3. Dan manusia bertanya, "Apa yang terjadi pada bumi ini?"

يَوْمَىِٕذٍ تُحَدِّثُ اَخْبَارَهَاۙ - ٤

yauma`iżin tuḥaddiṡu akhbārahā
4. Pada hari itu (bumi) menyampaikan berita (tentang apa yang diperbuat manusia di atasnya)

بِاَنَّ رَبَّكَ اَوْحٰى لَهَاۗ - ٥

bi`anna rabbaka auḥā lahā
5. karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) padanya.

يَوْمَىِٕذٍ يَّصْدُرُ النَّاسُ اَشْتَاتًا ەۙ لِّيُرَوْا اَعْمَالَهُمْۗ - ٦

yauma`iziy yaṣdurun-nāsu asytātal liyurau a'mālahum
6. Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan berkelompok-kelompok, untuk diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua perbuatannya.

فَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهٗۚ - ٧

fa may ya'mal miṡqāla żarratin khairay yarah
7. Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya,

وَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَّرَهٗ ࣖ - ٨

wa may ya'mal misqāla zarratin syarray yarah
8. dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

Isi Kandungan Surat Az Zalzalah

Surat Az Zalzalah mengandung gambaran tentang hari kiamat dan apa yang akan dialami manusia saat itu. Merangkum berita detikHikmah detikcom, para ulama termasuk al-Biqa'i menyimpulkan, ketika hari kiamat tiba, segala persoalan akan terbuka dan menjadi nyata apa yang tersembunyi.

Mengutip buku Quran Hadits karya Muhaemin, isi kandungan surat Az Zalzalah terdiri dari dua bagian. Bagian pertama (ayat 1-5) menjelaskan tentang proses terjadinya kiamat dan bagian kedua (Ayat 6-8) menjelaskan tentang kedudukan amalan manusia yang baik dan yang buruk kelak di hadapan Allah SWT.

Pada permulaan surat ini, Allah SWT menggambarkan tentang kehancuran bumi dengan adanya guncangan bumi yang sangat dahsyat dan seluruh isi perut bumi akan dikeluarkan. Kemudian, pada akhir surat ini dijelaskan bahwa segala yang diperbuat manusia baik amal baik atau buruk akan ditampakkan, termasuk yang kecil sekalipun.

Gambaran mengenai hari kiamat ini juga dipaparkan dalam surat 'Abasa ayat 33-37. Allah SWT berfirman:

مَتَاعًا لَّكُمْ وَلِاَنْعَامِكُمْۗ ٣٢ فَاِذَا جَاۤءَتِ الصَّاۤخَّةُ ۖ ٣٣ يَوْمَ يَفِرُّ الْمَرْءُ مِنْ اَخِيْهِۙ ٣٤ وَاُمِّهٖ وَاَبِيْهِۙ ٣٥ وَصَاحِبَتِهٖ وَبَنِيْهِۗ ٣٦ لِكُلِّ امْرِئٍ مِّنْهُمْ يَوْمَىِٕذٍ شَأْنٌ يُّغْنِيْهِۗ ٣٧

"Maka apabila datang suara yang memekakkan (tiupan sangkakala yang kedua), pada hari itu manusia lari dari saudaranya, dan dari ibu dan bapaknya, dan dari istri dan anak-anaknya. Setiap orang dari mereka pada hari itu memiliki urusan yang menyibukkannya."

Keutamaan Membaca Surat Az Zalzalah

Imam As-Suyuthi dalam bukunya Asbabun Nuzul menjelaskan, para ulama mengatakan bahwa surat Az Zalzalah memiliki banyak keutamaan dan berisi sesuatu yang besar. Imam At Tirmidzi meriwayatkan dari Anas bin Malik, dia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang membaca idza zulzilat (surat Az Zalzalah) maka ia membaca separuh Al-Qur'an. Barang siapa membaca Qul Ayyuha Al-Kafirun (surat Al Kafirun) maka menyamai bacaan seperempat Al-Qur'an. Sedangkan barang siapa membaca Qul Huwallahu Ahad (surat Al Ikhlas) maka menyamai sepertiga Al-Qur'an," (At Tirmidzi mengatakan hadits ini gharib).



Simak Video "KuTips: Tips Betah Baca Al-Qur'an Biar Khatam Pas Ramadan!"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia