Berita Nasional

Jokowi Tunda Kenaikan Harga Tiket Masuk Pulau Komodo Rp 3,75 Juta

Tim detikNews - detikSumut
Senin, 08 Agu 2022 18:21 WIB
Sandiaga Uno di Desa Wisata Belitar Seberang
Sandiaga Uno (Dok. Kemenparekraf)
Jakarta -

Presiden Jokowi memutuskan untuk menunda pemberlakuan tiket masuk ke Pulau Komodo Rp 3,75 juta. Penundaan ini akan berlaku sampai 31 Desember 2022.

Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan penundaan tarif baru itu setelah pihaknya berdiskusi dengan para pemangku kepentingan. Sandiaga kemudian melaporkan aspirasi itu ke Presiden Jokowi.

"Kami sudah mendapat arahan dari Pak Jokowi di awal minggu dan sudah kami koordinasikan jadi ini sesuai dengan arahan Bapak Presiden," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, dikutip dari detikNews, Senin (8/8/2022).


Kemenparekraf, kata dia, akan gerak cepat untuk melakukan sosialisasi tentang tarif baru masuk Pulau Komodo sebelum kebijakan itu diterapkan pada awal 2023 nanti. Pemerintah juga bakal terus menyerap aspirasi dari masyarakat.

"Kita sudah buat forumnya dan sudah dilakukan mulai awal minggu ini atau minggu lalu sesuai arahan presiden untuk perbaiki komunikasi publik, perbaiki penyerapan aspirasi, pantau situasi terutama tentang penundaan dan pembatalan kunjungan," tutur Sandiaga.

Selain itu, Sandiaga juga berbicara penanganan jika terjadi gejolak di masyarakat. Dia ingin hal itu diselesaikan secara transparan.

"Jika ada gejolak ditangani dengan transparan, kita redam, karena kita tidak ingin narasi terhadap pariwisata yang sudah sangat baik di dunia, karena kita naik indeksnya, lapangan kerja juga sudah tambah 1,1 juta, ini kita pastikan bisa terus momentumnya kita kawal dan kita tingkatkan," ucap Sandiaga.



Simak Video "Kabar Baik! Kunjungan Wisman ke RI Meroket Hingga 40 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)