PSM Makassar Dinilai Lebih Siap Tatap Kelanjutan Liga 1 2022/2023

PSM Makassar

PSM Makassar Dinilai Lebih Siap Tatap Kelanjutan Liga 1 2022/2023

Alfiandis - detikSulsel
Selasa, 29 Nov 2022 04:33 WIB
PSM Makassar kembali menggelar latihan di Stadion Kalegowa pasca Tragedi Kanjuruhan
Foto: Dok. PSM Makassar/Agung Dewantara
Makassar -

PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan segera melanjutkan kompetisi Liga 1 2022/2023 usai terhenti akibat Tragedi Kanjuruhan. PSM Makassar dinilai lebih siap menatap kelanjutan kompetisi dibandingkan klub lainnya.

"PSM Makassar hampir tak libur mempersiapkan dirinya terus. Jadi tim ini sangat eksis mempersiapkan itu, yang pasti akan mendapatkan hasil yang positif dibandingkan tim lain," kata pengamat sepak bola Assegaf Razak saat berbincang dengan detikSulsel, Senin (28/11/2022).

Saat sejumlah klub Liga 1 meliburkan pemainnya, pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares justru tetap menggenjot latihan sembari menunggu kejelasan kompetisi. Olehnya itu, Assegaf menganggap ini menjadi momentum bagi Wiljan Pluim Cs mengungguli tim-tim lainnya.


"Kalau di mulai tim-tim (lain) memang ada beberapa istirahat. Nah ini setelah ada info Liga mau lanjut PSM harus lihat peluang itu biar bisa di papan atas," paparnya.

"Jadi banyak tim yang diperhatikan, tapi PSM aktif terus. Ini kita harapkan tim-tim bisa eksis terus meski sepak bola berhenti," sambung Assegaf.

Meski begitu, Juku Eja juga diminta untuk tetap waspada dengan terus mematangkan persiapan untuk menambal kekurangan jelang Liga 1 kembali dilanjutkan. Tim pelatih PSM juga diminta untuk aktif memantau persiapan tim lainnya.

"Kenapa begitu, karena kan tim-tim lain juga pasti mengikuti ini (PSM)," tutupnya.

Diketahui, kelanjutan Liga 1 akan dibahas dalam rapat Koordinasi (Rakor) yang akan dipimpin Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Senin (28/11).

Akan hadir juga beberapa instansi dari kementerian terkait, serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Polri. Gelaran Rakor ini diyakini akan berbuah keputusan Liga 1 bakal lanjut lagi.

PT LIB menargetkan Liga 1 bisa jalan lagi pada 2 Desember mendatang, sesuai timeline yang sudah mereka susun sebelumnya. Sebab, kompetisi dijadwalkan selesai pada April 2023 sebelum Piala Dunia U-20 bergulir.

Lanjutan Liga 1 2022 kemungkinan akan digelar sementara dengan sistem bubble. Sebab format home-away dianggap belum memungkinkan.

Selain itu, operator kompetisi juga sedang mempertimbangkan Jawa Tengah dan Yogyakarta sebagai lokasinya. Format bubble alias sentralisasi rencananya hanya akan berlangsung hingga putaran pertama Liga 1 dan setelah itu akan kembali ke format home-away.



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(afs/ata)