Sulawesi Utara

Polisi Buru WNA Bulgaria yang Gasak Dana Nasabah Rp 3,7 M di Sulut

Trisno Mais - detikSulsel
Senin, 25 Jul 2022 23:22 WIB
Rilis kasus skimming yang melibatkan WNA asal Bulgaria di Manado.
Rilis kasus skimming yang melibatkan WNA asal Bulgaria di Manado. Foto: Trisno Mais
Manado -

Polisi menangkap 2 warga negara asing (WNA) asal Bulgaria berinisial AS dan CW atas kasus pencurian data nasabah atau skimming yang menggasak dana nasabah Rp 3,7 miliar. Sedangkan seorang WNA asal Bulgaria lainnya bernama Miltchev M Traykov (47) dinyatakan buron.

"Miltchev M Traykov (47) tersangka yang DPO, kita telah mengirimkan bukti cekal ke Imigrasi supaya tidak bisa keluar dari Indonesia," kata Dirkrimsus Polda Sulut Kombes Nasriadi saat konferensi pers di Polda Sulut, Senin (25/7/2022).

Kombes Nasriadi menyebut pihaknya telah mengidentifikasi bahwa DPO tersebut diduga kuat masih berada di Indonesia. Meski begitu hingga saat ini polisi masih terus melakukan pencarian terkait dengan keberadaan Miltchev.


Kombes Nasriadi mengatakan pihaknya mendapatkan informasi dari pihak Imigrasi bahwa paspor pelaku berakhir pada 22 Agustus mendatang. Oleh sebab itu petugas meyakini pelaku masih berada di Indonesia.

"Mudah-mudahan dari Imigrasi bisa membuat laporan kepada kami, karena yang bersangkutan tanggal 22 Agustus ini akan habis waktu paspornya. Kemungkinan dia tidak akan bisa keluar dan kita akan fokus pengejaran di wilayah NKRI," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Polda Sulut menangkap total 4 pelaku terkait kasus pencurian data nasabah atau skimming ini. Komplotan pelaku sudah beraksi di Kota Manado dan Tomohon.

Penangkapan itu dipimpin langsung oleh Dirkrimsus Polda Sulut Kombes Nasriadi. Para pelaku ditangkap masing-masing di Kuta Utara, Bali dan Nusa Tenggara Timur pada Rabu (20/7).



Simak Video "Dibawa Orang Tuanya Naik Gunung Soputan, Balita Alami Hipotermia"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/asm)