PPDB Makassar 2022

Ketentuan Pendaftaran Ulang PPDB Makassar Usai Lolos Jalur Zonasi SD/SMP

Tim detikSulsel - detikSulsel
Kamis, 30 Jun 2022 04:31 WIB
Orang tua calon siswa mengadukan permasalahan PPDB SD/SMP di Kantor Disdik Makassar.
Foto: Hasil seleksi PPDB Makassar jenjang SD/SMP jalur zonasi. (Urwatul Wutsqaa/detikSulsel)
Makassar -

Hasil seleksi PPDB Makassar 2022 jenjang SD/SMP untuk jalur zonasi sudah diumumkan. Calon peserta didik yang lulus mesti melanjutkan tahapan pendaftaran ulang di sekolah tempatnya diterima.

Berdasarkan jadwal yang ditetapkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, pendaftaran ulang dibuka 29 Juni-2 Juli 2022. Tahapan ini dilakukan secara offline (luar jaringan) atau daftar ulang langsung di sekolah.

"Siswa yang dinyatakan lulus melakukan pendaftaran ulang di sekolah dengan membawa dokumen yang pernah di-upload pada saat pendaftaran (online)," tutur Kepala Disdik Makassar Muhyiddin kepada detikSulsel, Rabu (29/6/2022).


Pihaknya berharap calon peserta didik tidak menyia-nyiakan waktu untuk segera mendaftar ulang. Sekolah juga harus memastikan semua calon siswa yang lulus seleksi PPDB Makassar dipastikan mendaftar ulang.

"Kalau dia lulus tapi tidak mendaftar, kita juga akan pastikan di mana itu anak. Kita tetap usahakan bagaimana caranya dihubungi," paparnya.

Disdik Makassar ingin memastikan semua anak harus sekolah. Daya tampung yang disiapkan dalam PPDB Makassar jenjang SD/SMP jalur zonasi harus dimaksimalkan terisi.

"Kita harus pastikan, jangan sampai terputus. Kita mau pastikan semua anak ini tertampung semua," tegas Muhyiddin.

Sementara Sekretaris Panitia PPDB Makassar Syamsuddin mengaku pendaftaran ulang dilakukan di sekolah masing-masing. Mekanismenya menjadi kewenangan sekolah.

"Pendaftaran ulang di sekolah masing-masing bukan lagi ranahnya dinas. Artinya mekanismenya itu sekolahnya mi yang atur," beber Syamsuddin saat dikonfirmasi, Selasa (28/6) lalu.

Pihaknya menekankan calon peserta didik tidak segera menyiapkan dokumen untuk mendaftar ulang. Pasalnya jika tidak mendaftar ulang sampai batas waktu yang ditentukan, berpotensi gugur dalam tahapan lanjutan PPDB Makassar itu.

"Otomatis gugur (jika tidak daftar ulang), dan otomatis terbuka peluang bagi calon yang lain untuk mengisi," pungkasnya.

Bagi calon peserta didik yang dinyatakan lulus PPDB Makassar, berikut ketentuan daftar ulang yang penting untuk diperhatikan;

Link Hasil PPDB Makassar dan Jadwal Daftar Ulang

  • Link Pengumuman: https://ppdb.makassarkota.go.id/
  • Pendaftaran Ulang: 29 Juni-2 Juli 2022
  • Waktu: 08.00-17.00 Wita (Luar Jaringan)
  • Lokasi Daftar Ulang: Sekolah masing-masing

Ketentuan Daftar Ulang PPDB Makassar Jenjang SD

  1. Daftar ulang dilakukan oleh calon peserta didik baru yang telah diterima di sekolah secara luring;
  2. Daftar ulang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) untuk memastikan statusnya sebagai peserta didik pada sekolah yang bersangkutan dengan menunjukkan dokumen asli yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan;
  3. Peserta didik yang tidak melakukan daftar ulang secara luring hingga batas waktu yang ditentukan, maka kuotanya akan digantikan oleh pendaftar urutan yang ada di bawahnya;
  4. Panitia PPDB Sekolah selanjutnya melakukan inputan data berdasarkan dokumen yang dikumpulkan oleh calon peserta didik ke dalam Dapodik sekolah paling lambat 31 September 2022.

Ketentuan Daftar Ulang PPDB Makassar Jenjang SMP

  1. Daftar ulang dilakukan oleh calon peserta didik baru yang telah diterima di sekolah secara luring;
  2. Daftar ulang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) untuk memastikan statusnya sebagai peserta didik pada sekolah yang bersangkutan dengan menunjukkan dokumen asli yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan;
  3. Peserta didik yang tidak melakukan daftar ulang secara luring hingga batas waktu yang ditentukan, maka kuotanya akan digantikan oleh pendaftar urutan yang ada di bawahnya.


Simak Video "PSM Makassar Curhat di Podcast Detik-detik Launching detikSulsel"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/asm)