Sulawesi Barat

Gempa Mamuju M 5,8 Terasa Kencang, Warga Panik Berlarian ke Gunung

Fathul Khair - detikSulsel
Rabu, 08 Jun 2022 13:27 WIB
Gempa Mamuju M 5,8 membuat warga panik berhamburan ke jalan dan sebagian ke gunung (Dok. Istimewa).
Foto: Gempa Mamuju M 5,8 membuat warga panik berhamburan ke jalan dan sebagian ke gunung (Dok. Istimewa).
Mamuju -

Gempa Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) berkekuatan magnitudo 5,8 membuat warga setempat panik berhamburan ke jalan. Sebagian warga bahkan menuju ke arah pegunungan karena guncangan terasa sangat kencang dan khwatir gempa susulan.

"Sebagian besar masyarakat di Mamuju masih panik, memilih mengamankan diri di ketinggian ke arah pegunungan," ujar Idrus, warga Mamuju kepada detikcom, Rabu (8/6/2022).

Menurut Idrus, sejumlah warga langsung berlarian ke arah gunung karena adanya informasi simpang siur soal akan terjadinya gempa susulan.


"Kalau kondisi sekarang masih panik, masih simpang siur karena katanya ada gempa susulan," katanya.

Idrus kemudian menggambarkan bagaimana detik-detik gempa terjadi. Dia mengaku sedang berada di sebuah warung makan di Mamuju Kota, sekitar pukul 13.35 Wita dan tiba-tiba guncangan gempa terjadi dan warga pun berhamburan ke jalanan karena panik.

"Kalau saya sementara duduk, lagi di warung kemudian tidak lama berselang guncangan terjadi, orang panik teriak gempa sehingga menyelamatkan diri ke arah jalan menghindari bangunan," kata Idrus.

Idrus mengatakan guncangan gempa sangat terasa dan membuat warung makan yang ia tempati nyaris roboh.

"Sangat kencang hampir roboh, kayak warung makan, makan. Tapi saya masih di sekitar dalam kota memantau kondisi," katanya.



Simak Video "Suasana Kepanikan Warga Akibat Gempa M 5,8 di Mamuju"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/nvl)