2.456 Pelanggar Ditindak Polisi Selama Operasi Patuh Semeru di Jombang

2.456 Pelanggar Ditindak Polisi Selama Operasi Patuh Semeru di Jombang

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Sabtu, 02 Jul 2022 02:01 WIB
polres jombang
2.456 Pelanggar ditindak dalam Operasi Patuh di Jombang (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang -

Satlantas Polres Jombang menindak 2.456 pelanggar selama Operasi Patuh Semeru 13-26 Juni 2022. Selain itu, satuan polisi bersabuk putih itu juga menggelar sosialisasi secara masif untuk mencegah kecelakaan lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Jombang AKP Rudi Purwanto mengatakan 2.456 pelanggar yang ditindak selama Operasi Patuh terdiri dari 1.866 pelanggar diberi teguran dan 590 pelanggar diberi sanksi tilang secara elektronik. Karena ratusan pelanggar tersebut tertangkap mobil Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR).

"Pelanggaran terbanyak melawan arus lalu lintas dan tidak memakai helm," kata Rudi saat jumpa pers di Kantor Satlantas Polres Jombang, Jalan Brigjen Kretarto, Jumat (1/7/2022).

Selama dua pekan Operasi Patuh Semeru, lanjut Rudi, pihaknya juga melakukan sosialisasi dan edukasi tertib berlalu lintas secara masif. Meliputi 18.908 pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat melalui berbagai media sosial dan penyebaran 27.301 spanduk, leaflet, stiker dan billboard.

"Kami lakukan sosialisasi selama Operasi Patuh secara masif. Kami bagikan brosur, menyampaikan imbauan di jalan, kami bagikan jas hujan, helm dan boneka kepada anak-anak. Kami datangi orang-orang berkebutuhan khusus dan kami bagikan bantuan juga kepada mereka," jelas Rudi.

Di lain sisi, angka kecelakaan lalu lintas selama Operasi Patuh tahun ini naik 14 kasus atau 35,9 persen dibandingkan tahun lalu. Pada Operasi Patuh 2021, terjadi 39 kecelakaan dengan 2 korban tewas, 3 luka berat dan 46 luka ringan. Sedangkan tahun ini terjadi 53 kecelakaan lalu lintas dengan 5 korban tewas, 6 luka berat, serta 65 luka ringan.

"Fatalitas laka korban laka selama Operasi Patuh tahun ini naik karena ada truk tebu terguling di Desa Sembung beberapa waktu lalu," tandasnya



Simak Video "Ingat! Mulai Hari Ini Korlantas Polri Gelar Operasi Patuh"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)