34 Truk-2.000 Karung Disiapkan untuk Kerja Bakti Massal di Surabaya

Amir Baihaqi - detikJatim
Sabtu, 29 Jan 2022 12:58 WIB
Kerja bakti di Surabaya
Foto: Dok. Pemkot Surabaya
Surabaya -

Pemkot Surabaya menyediakan 34 unit dump truk untuk kerja bakti massal Minggu (30/1/2022). Tak hanya itu, sebanyak 2.000 karung juga akan disediakan dan dibagikan ke 31 kecamatan. Ini dilakukan untuk menampung sampah mencegah adanya nyamuk demam berdarah dengeu (DBD).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengatakan karung tersebut akan digunakan untuk menampung sampah hasil kerja bakti massal. Karung sampah itu kemudian diangkut truk.

"Jadi setelah bersih-bersih, nantinya hasil sampah itu diwadahi karung. Kemudian diangkut menggunakan dump truk yang disediakan oleh DLH dan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya," jelas Hebi dalam keterangan resminya, Minggu (29/1/2022).

Menurut Hebi, karena ada keterbatasan truk pengankut sampah, maka ia mengimbau agar warga untuk bersabar. Namun ia mematikan bahwa sampah hasil kerja bakti massal akan terangkut dan akan dibawa ke tempat pembuangan akhir.

"Angkutan kita terbatas, itu yang disediakan oleh DLH dan DSDABM totalnya 34 unit. Jika tidak memungkinkan dalam sehari, pasti akan kita ambil, kita maksimalkan. Kalau serentak kan pastinya ada di ratusan titik RT/RW se-Surabaya. Jadi diharapkan masyarakat bersabar," ujar Hebi.

Sebelumnya,Pemkot Surabaya akan menggelar kerja bakti massal pada Minggu (30/1/2022). Kerja bakti massal ini untuk mengantisipasi adanya nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengatakan kerja bakti massal ini merupakan arahan dari Wali Kota Eri Cahyadi. Selian melibatkan warga setempat, pihaknya juga akan menggandeng Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya.

Hebi menambahkan kegiatan ini akan dilakukan di RT/RW secara serentak di 31 kecamatan dan 154 kelurahan. Adapun sasarannya yakni saluran air dan genangan yang dijadikan sarang nyamuk.

"Arahan dari pak wali kota, agar DLH bersama DSDABM serta warga di RT/RW melaksanakan kerja bakti bersama membersihkan saluran dan lingkungan untuk mengantisipasi genangan dan DBD," kata Hebi.



Simak Video "Perhatikan Gantungan Bajumu, Nyamuk Suka dengan Bau Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/fat)