H+3 Lebaran, Total Penumpang di Bandara YIA Tembus 9.149 Orang

Jalu Rahman Dewantara - detikJateng
Kamis, 05 Mei 2022 16:47 WIB
Suasana di Bandara YIA, Kulon Progo, DIY, Kamis (5/5/2022).
Suasana di Bandara YIA, Kulon Progo, DIY, Kamis (5/5/2022). (Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng)
Kulon Progo -

Arus balik mulai terlihat di Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo, DIY, pada H+3 Lebaran, hari ini. Jumlah penumpang di bandara ini terus mengalami peningkatan sejak H+1 Lebaran.

"Arus balik sudah lumayan ramai lancar dan di H+1 sampai H+3 ini ada peningkatan. Peningkatannya itu untuk hari kemarin sampai hari ini kami perkirakan dari rencana ke realisasi ada peningkatan, kemudian dari realisasi ke rencana ini hari ini ada 60 persen (peningkatan jumlah arus balik)," ucap Airport Operation Center Head (AOCH) YIA, Budi Wiyono saat ditemui di YIA, Kamis (5/5/2022).

Budi menjelaskan, dari data yang ia terima, total penumpang sementara sampai sore ini mencapai 9.149 orang. Rinciannya 4.369 penumpang kedatangan dan 4.820 penumpang keberangkatan.

Adapun jumlah penerbangan sebanyak 33, terdiri dari 31 penerbangan reguler dan 2 penerbang tambahan. "Dominasinya sekarang adalah keberangkatan karena sudah mulai masuk arus balik ya," terangnya.

Budi menerangkan mayoritas calon penumpang keberangkatan hari ini bertolak ke Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Untuk selanjutnya berangkat ke berbagai daerah yang tidak memiliki rute langsung dari YIA.

"Penerbangan kami didominasi jurusan Soekarno-Hatta Cengkareng karena bandara hub ya, jadi kemungkinan transit lalu ke Indonesia bagian barat yang tidak ada penerbangan langsung ke YIA," jelasnya.

Untuk puncak arus balik, Budi menyebut bakal terjadi pada akhir pekan nanti. Jumlahnya diperkirakan mencapai lebih dari 11.000 penumpang per hari.

"Kalau untuk puncak arus balik prediksi hari Sabtu (7/5). Kami perkirakan jumlahnya itu berkaca arus mudik yang puncaknya 29 April mencapai 11.000 pax take off landing makanya untuk arus balik ini diperkirakan juga sejumlah itu," urainya.

Sementara itu dari pantauan detikJateng di YIA, pergerakan penumpang kedatangan terlihat cukup padat. Mayoritas adalah mahasiswa dan wisatawan.

Salah satu penumpang tersebut adalah Nurul (19). Nurul mengaku datang dari Jakarta untuk kembali melanjutkan studi di Jogja.

"Penerbangan dari Jakarta mas, mau ke Jogja pulang, soalnya udah mau masuk kuliah," ujarnya.

Sementara itu penumpang lain, Wahyu (27) asal Denpasar, Bali, mengaku datang untuk berlibur. Rencananya ia akan berlibur ke Magelang, Jawa Tengah.

"Aslinya Denpasar mas, ini mau liburan ke Magelang, mumpung lagi libur panjang," ucapnya.

Wahyu menyebut kondisi pesawat penuh penumpang. Bahkan kursi di deretan belakang dipenuhi oleh penumpang.

"Penuh, full banget tadi sampai kursi belakang," ujarnya.



Simak Video "Bandara YIA Diprediksi Masih Padat Penumpang hingga Pekan Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/ams)