Banjir 1,5 Meter Putus Jalur Jogja-Baturetno di Pracimantoro Wonogiri

Banjir 1,5 Meter Putus Jalur Jogja-Baturetno di Pracimantoro Wonogiri

Muhammad Aris Munandar - detikJateng
Selasa, 29 Nov 2022 14:56 WIB
Banjir di Jalan Raya Jogja-Baturetno, tepatnya di Dusun Ngulu Kidul, Desa/Kecamatan Pracimantoro Wonogiri, Selasa (29/11/2022).
Banjir di Jalan Raya Jogja-Baturetno, tepatnya di Dusun Ngulu Kidul, Desa/Kecamatan Pracimantoro Wonogiri, Selasa (29/11/2022). (Foto: dok. Camat Pracimantoro)
Wonogiri -

Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kecamatan Pracimantoro Wonogiri hingga menyebabkan banjir. Jalan raya di kawasan itu tergenang air hingga tidak bisa dilalui kendaraan.

"Benar (ada banjir), di depan KUA (Kantor Urusan Agama Kecamatan Pracimantoro)," kata Camat Pracimantoro Warsito saat dihubungi detikJateng, Selasa (29/11/2022) pukul 14.15 WIB.

Ia mengatakan titik banjir itu berada di Jalan Raya Jogja-Baturetno, tepatnya di Dusun Ngulu Kidul, Desa Pracimantoro. Kondisi jalan di lokasi banjir, tepatnya di depan KUA berupa cekungan. Di sepanjang jalan (cekungan) itu tergenang air banjir.


"Ketinggian banjir 1 sampai 1,5 meter. Kalau panjang jalan yang tergenang sekitar 75 meter. Ini tidak bisa dilalui kendaraan," kata Warsito.

Menurut Warsito, banjir yang menutupi jalan itu terjadi karena hujan lebat yang mengguyur wilayah Pracimantoro sejak Selasa pagi. Karena intensitas hujan tinggi, ruang pembuangan (luweng) tidak mampu menampung air hujan.

"Di area itu ada satu luweng, untuk saluran pembuangan air (hujan). Karena hanya satu, saat hujan deras tidak mampu menampung. Sehingga aliran air tersumbat," ungkap dia.

Warsito mengatakan, karena jalan tertutup banjir, arus lalu lintas dialihkan ke sejumlah jalan desa atau perkampungan. Di antaranya bisa melalui Desa Glinggang dan Desa Gedong.

Berdasarkan pengamatannya, lanjut Warsito, tidak ada bangunan milik warga yang terdampak. Namun air banjir masuk hingga ke dalam Masjid Nur Iman yang berada di area tersebut.

"Sebenarnya kalau hujannya reda, 1 hingga 2 jam ke depan sudah bisa surut. Tapi ini masih hujan. Memang di sana langganan banjir kalau hujan lebat," kata Warsito.

Diwawancarai terpisah, relawan Pracimantoro Bersatu (Prabu), Saryono, membenarkan adanya banjir di Pracimantoro. "Benar (ada banjir), tapi hanya di wilayah kota (Pracimantoro). Wilayah lain aman," kata dia.



Simak Video "Cerita Warga Korban Banjir Bandang di Semarang, Harta Benda Ludes"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/sip)