Hati-hati Lur! Ada Pipa PDAM Jebol di Ruas Jalan Jogya - Solo

Hati-hati Lur! Ada Pipa PDAM Jebol di Ruas Jalan Jogya - Solo

Achmad Hussein Syaiuqi - detikJateng
Senin, 03 Okt 2022 10:10 WIB
Pipa PDAM Solo jebol lagi di depan kantor kecamatan Delanggu
Pipa PDAM Solo jebol lagi di depan kantor kecamatan Delanggu. Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng.
Klaten -

Jaringan pipa PDAM Solo di ruas jalan Jogya-Solo, Kota Kecamatan Delanggu, Klaten, Jawa Tengah jebol lagi. Kali ini jebolnya jaringan pipa berada tepat di depan kantor Camat Delanggu.

Pantauan detikJateng di lokasi muncul genangan air di lubang yang aspalnya hilang hanyut. Lubang dengan diameter sekitar 60 centimeter persis di tengah jalan arah ke Solo.

Untuk mengantisipasi kecelakaan, dua water barrier diletakkan di lokasi. Akibatnya, laju kendaraan dari arah Yogyakarta menuju Solo tersendat sebab harus menghindari lubang dan rambu.


Lokasi pipa yang rusak ini hanya berjarak sekitar 150 meter dari pipa yang jebol sebelumnya dan sudah ditambal. Jalan yang menurun menyebabkan lokasi rawan kecelakaan.

"Sudah ada beberapa motor jatuh tadi malam. Ya karena tidak tahu ada lubang jalan," ungkap Purwanto seorang warga kepada detikJateng di lokasi, Senin (3/10/2022) pagi.

Jebolan pipa PDAM, sebut Purwanto, bukan kali ini saja di ruas jalan tersebut. Sebulan terakhir sudah ada tiga kali kejadian.

"Sudah tiga kali. Pertama di Utara bangjo Pasar, kedua di dekat warung sea food dan ini depan kecamatan yang ketiga," sambung Purwanto.

Camat Delanggu, Jaka Suparja menyatakan jebolan di depan kantor kecamatan sudah dilaporkan ke PDAM Klaten. Namun ternyata milik PDAM Solo.

Pipa PDAM Solo jebol lagi di depan kantor kecamatan Delanggu.Pipa PDAM Solo jebol lagi di depan kantor kecamatan Delanggu. Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng

"Iya itu pipa PDAM. Sudah saya laporkan ke PDAM Klaten katanya milik Solo, Klaten sudah lapor ke Solo semoga segera ditangani," ungkap Jaka kepada detikJateng saat diminta konfirmasi.

Koordinator Pengawas Jalan PPK 3.4 Jateng, Danang Purwoko menjelaskan kerusakan itu sudah disampaikan ke PDAM Solo. Hari ini akan segera ditangani.

"Kita sudah koordinasikan dengan PDAM, iya PDAM Solo. Hari ini katanya segera ditangani," sebut Danang kepada detikJateng saat diminta konfirmasi.

Sebelumnya diberitakan, Jalan Jogja-Solo, tepatnya Dusun Ciran, Desa Gatak, Kecamatan Delanggu, Klaten, rusak. Sebuah lubang yang cukup besar membahayakan pengendara kendaraan. Apalagi lubang itu penuh dengan genangan air.

"Itu karena PDAM Solo bocor. Air tadi banjir di jalan," ungkap Mulyani, warga sekitar lokasi kepada detikJateng, Kamis (29/9) pagi.
Dikatakan Mulyani, pipa tersebut jebol sekitar subuh saat kendaraan mulai ramai. Saat dirinya lewat jalan sudah banyak air dan berlubang.

"Mulainya subuh tadi, saya ke sini sudah begitu. Airnya cukup banyak di jalan," lanjut Mulyani.



Simak Video "Cerita Warga Korban Banjir Bandang di Semarang, Harta Benda Ludes"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/apl)