Pendaftar Panwascam di Banyumas Membeludak, Nyaris Tembus 1.000 Orang

Vandi Romadhon - detikJateng
Rabu, 28 Sep 2022 08:45 WIB
Pendaftaran seleksi panwascam di Bawaslu Kabupaten Banyumas.
Pendaftaran seleksi Panwascam di Bawaslu Kabupaten Banyumas. Foto: dok. Bawaslu Banyumas
Banyumas -

Pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Banyumas saat ini sudah resmi ditutup. Tercatat sebanyak 978 orang ikut mendaftar untuk mengikuti seleksi.

Padahal, jumlah anggota Panwascam di Kabupaten Banyumas yang dibutuhkan hanya 81 orang untuk ditempatkan di 27 kecamatan.

"Jumlah pendaftar yang menyerahkan berkas pendaftaran baik secara langsung, melalui pos maupun via online total sejumlah 978 orang," kata Humas Bawaslu Kabupaten Banyumas Abdul Aziz, Rabu (28/9/2022).


Jumlah itu menurutnya terdiri dari 641 orang laki-laki dan 337 orang perempuan. Hal itu menurutnya luar biasa karena partisipasi masyarakat meningkat signifikan dibanding sebelumnya.

"Tahun 2019 pendaftaran hanya mencapai 274 orang saja. Tahun ini peminatnya cukup banyak. Tahapan selanjutnya adalah tahapan verifikasi administrasi, yakni penelitian administrasi terhadap berkas para pendaftar, apakah sudah sesuai dengan ketentuan atau belum," terangnya.

Sementara itu Ketua Pokja Penerimaan Panwascam Banyumas Rif'an Muhajirin mengatakan jika berkas sudah sesuai dengan ketentuan maka akan lolos seleksi administrasi dan dapat mengikuti proses selanjutnya. Namun jika berkas tidak sesuai dengan ketentuan maka akan dinilai tidak memenuhi syarat dan tidak dapat melanjutkan proses seleksi selanjutnya.

"Untuk pengumuman lolos seleksi administrasi ialah pada tanggal 12 Oktober 2022 yang akan disampaikan melalui laman website Bawaslu Banyumas, media sosial Bawaslu Banyumas dan papan pengumuman di kantor Bawaslu Banyumas," kata Rif'an.

Selanjutnya, kata dia, bagi para pendaftar yang lolos administrasi akan diundang untuk mengikuti tes tertulis yang menurut jadwal tahapan penerimaan calon Panwaslu Kecamatan, akan dilaksanakan pada tanggal 14-16 Oktober 2022.

"Alhamdulillah proses pendaftaran selama tujuh hari berjalan dengan lancar dan sukses tanpa persoalan yang berarti," tuturnya.

Anggota Bawaslu Banyumas Yon Daryono menyampaikan, sedianya Bawaslu Banyumas akan menerima masing-masing 3 orang untuk setiap kecamatan. Karena di Banyumas ada 27 kecamatan, maka dari ratusan pendaftar hanya diterima 81 orang.

"Kami juga memperhatikan 30 persen perempuan. Untuk Banyumas ada 27 kecamatan, masing-masing kecamatan ada tiga panitianya," pungkasnya.



Simak Video "Komisi II Soroti Praktik Jual Beli Jabatan Petugas Ad Hoc Gegara Honor Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/rih)