Jika umumnya kamu menikmati waktu libur dengan ke mal, maka tak ada salahnya untuk mencicipi keindahan yang ada di Kepulauan Karimunjawa. Tertarik?

Sebagai salah satu negara kepulauan, Indonesia memang pantas disebut sebagai negara yang kaya akan wisata baharinya. Bukan hanya pantai dan lautnya saja yang menarik, namun keindahan alam bawah lautnya yang cukup fenomenal ini memang pantas dijadikan sebagai alternatif untuk berlibur seru dan menyenangkan. Jika selama ini Anda hanya menikmati waktu libur dengan berkunjung ke mal atau pusat perbelanjaan lainnya, maka tak ada salahnya untuk mencicipi keindahan yang ada di Kepulauan Karimunjawa.

Karimunjawa yang terkenal akan wisata baharinya ini memang menjadi destinasi wisata yang cukup diperhitungkan. Kepulauan ini terdiri dari pulau utama dan pulau-pulau kecil yang mengelilinginya. Saat ini kawasan ini dijadikan sebagai taman nasional yang dilindungi dengan beragam pesona keindahan yang ada di dalamnya. Bukan hanya pantai dan lautnya saja yang menarik, namun Karimunjawa juga menyimpan banyak destinasi di dalamnya. Sebut saja seperti wisata hutan mangrove, wisata alam bawah laut, hingga kekayaan budaya yang masih bertahan hingga saat ini.

Dari sederet kekayaan yang dimilikinya, maka tak heran jika Karimunjawa disebut sebagai "The Paradise of Java". Bahkan tempat ini sangat diperhitungkan sebagai salah satu lokasi wisata terbaik di Indonesia. Kini untuk Anda yang ingin berlibur ke sana untuk yang pertama kalinya. Maka berikut beberapa destinasi wisata yang ada di Karimunjawa yang begitu populer dan sering dikunjungi para wisatawan.

Ada banyak sekali destinasi wisata yang ada di kepulauan ini. Namun dari sederet lokasi wisata yang ada di sana, hanya ada beberapa saja yang sangat populer dan bahkan menjadi tujuan utama bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Berikut deretan destinasi wisata di Karimunjawa yang wajib Anda coba:

1. Pulau Menjangan Besar

Sebagai salah satu kawasan kepulauan yang dikelilingi dengan pulau-pulau kecil lainnya, maka tak heran jika kawasan wisata ini begitu populer dengan keindahan alam lautnya. Bukan hanya daratan, namun keindahan alam bawah lautnya juga sangat menakjubkan. Untuk Anda yang ingin melakukan aktivitas snorkeling atau diving bersama ikan-ikan hiu, maka Pulau Menjangan Besar adalah tempatnya. Di sini Anda bisa berenang dengan hiu-hiu kecil yang lucu dan menggemaskan dengan keindahan alam bawah laut yang sangat memesona.

2. Pantai Annora

Salah satu pantai yang cukup terkenal di kawasan Karimunjawa adalah Pantai Annora. Pantai ini cukup banyak dikunjungi para wisatawan karena menyimpan pesona yang cukup menarik. Air lautnya masih sangat jernih dengan keindahan bukit yang ada di sekeliling pantai. Selain itu, pantai ini juga sering dijadikan spot foto karena banyak ayunan yang sengaja di pasang di tepi pantai.



3. Pantai Legon Lele

Untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam pantai dengan suasana tenang dan damai, maka bisa langsung berkunjung ke Pantai Legon lele. Pantai ini masih belum banyak dijamah pengunjung, sehingga suasana begitu tenang dan damai. Selain itu, pantai ini juga masih sangat alami dengan tidak adanya sampah yang berserakan.

4. Pantai Ujung Gelam

Pantai Ujung Gelam merupakan spot terbaik untuk Anda yang ingin melihat kecantikan sunset di pulau Karimunjawa. Tempat ini sering dikunjungi wisatawan baik di pagi maupun sore hari. Di sini Anda bisa melihat kecantikan senja dengan keindahan sunset yang begitu memesona.

5. Bukit Annora

Selain Pantai Annora, Bukit Annora juga menjadi destinasi wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan. Di sini Anda bisa melihat keindahan Pantai Annora dari atas bukit. Selain itu, bukit di sini juga menjadi spot untuk Anda yang ingin menghasilkan foto yang lebih kekinian.

6. Bukit Love Karimun Jawa

15 Destinasi Wisata Karimun Jawa yang Wajib Kamu CobaFoto: (Wahyupm/d'Traveler)


Selain Bukit Annora, Bukit Love Karimunjawa juga menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi. Di bukit ini Anda bisa melihat keindahan laut dengan hamparan bukit hijau yang ada di sekelilingnya. Selain itu, di bukit ini juga ada spot foto dengan tulisan LOVE yang bisa Anda jadikan tempat berfoto yang keren.

7. Bukit Joko Tuo

Ada satu lagi bukit dengan keindahan kota Karimunjawa yang bisa Anda saksikan dari atas gardu pandang. Bukit bernama Joko Tuo ini sengaja dibuat gardu pandang untuk mereka yang ingin melihat kecantikan kota yang ada di Kepulauan Karimunjawa.

8. Pantai Cemara Besar

Untuk Anda yang suka bersnorkeling dengan suasana yang lebih tenang tanpa ada gangguan, Pantai Cemara Besar bisa menjadi pilihannya. Pantai di sini memiliki air laut yang begitu jernih dengan keindahan alam bawah laut yang cukup memesona.

9. Pulau Geleang

Untuk Anda yang ingin berenang di tengah laut lepas tanpa adanya pengunjung lain yang menyaksikan, tak ada salahnya untuk pergi ke Pulau Geleang. Meskipun nama pulau ini tidak begitu populer, namun Anda bisa mencobanya untuk berwisata di sini.

10. Pulau Sintok

Salah satu keindahan alam bawah laut yang wajib Anda kunjungi ada di Pulau Sintok. Di pulau ini Anda bisa bersnorkeling atau diving untuk menyaksikan keindahan alam bawah laut dengan deretan biota laut yang masih sangat terjaga keindahannya.

11. Spot Maer Nyamplungan

Selain Pulau Sintok, tempat lain yang bisa Anda jadikan spot snorkeling atau diving adalah Maer Nyemplungan. Tempat ini memang sangat populer di kalangan wisatawan karena menyimpan surga bawah laut yang sangat keren dan masih terjaga keindahannya.

12. Hutan Mangrove Karimunjawa

15 Destinasi Wisata Karimun Jawa yang Wajib Kamu CobaFoto: Grandyos Zafna


Bukan hanya pantainya yang indah, namun Karimunjawa juga menyimpan keindahan dari sisi hutan mangrovenya. Hutan mangrove di sini dilengkapi dengan jembatan sepanjang 2 km yang bisa Anda jajaki untuk melihat keindahan hutan dan merasakan suasana yang cukup tenang di kawasan hutan ini.

13. Bakololo

Ada satu lagi tempat yang sayang dilewatkan saat Anda berkunjung ke wisata Karimunjawa, yaitu wisata Bakololo. Wisata ini menyimpan keindahan alam pantai yang masih sangat terjaga dengan keindahan alam bawah laut penuh sangat eksotis.

14. Pulau Gosong

Ada satu pulau yang cukup unik di kawasan kepulauan Karimunjawa, yaitu Pulau Gosong. Di pulau ini Anda bisa menyaksikan endapan pasit yang ada di tengah laut. Endapan pasir hanya bisa dilihat saat air laut sedang surut sekitar pukul 09.00 - 17.00. Selebihnya endapan pasir tersebut akan terendam air laut.

15. Dermaga Mrican

15 Destinasi Wisata Karimun Jawa yang Wajib Kamu CobaFoto: (Kartika Nofiyanti/d'Traveler)


Untuk Anda yang ingin menyaksikan matahari terbenam, maka bisa berkunjung ke Dermaga Mrican yang ada di kepulauan Karimunjawa. Dermaga ini menjadi spot terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam. Di sini Anda juga bisa melihat jejeran perahu nelayan di tepian pantai.

Kini untuk Anda yang ingin menikmati waktu libur dengan pergi ke kepulauan Karimunjawa, beberapa destinasi wisata di atas bisa masuk ke daftar tempat yang wajib Anda kunjungi. Anda bisa menikmati keindahan di setiap lokasi wisata yang ada di sana.