Nama Gili Trawangan menjadi salah satu wisata bahari yang menyimpan sejuta pesonanya. Tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bali pun, banyak yang menyempatkan diri untuk melihat keindahan langsung dari pulau kecil yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat, ini.

Lokasinya sendiri memang tak jauh dari Pulau Bali, yaitu terletak di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, kabupaten Lombok Utara. Pulau kecil ini menjadi destinasi wisata andalannya Lombok. Lautnya yang indah dengan pasir putihnya yang bersih menjadikan Pulau Gili Trawangan sebagai salah satu destinasi yang cukup diperhitungkan di kalangan wisatawan. Bahkan pulau ini masuk dalam wisata terbaik yang ada di Indonesia.




Kini untuk Anda yang bingung mencari tempat berlibur yang seru dan menyenangkan, Pulau Gili Trawangan yang ada di Lombok ini bisa masuk ke daftar wisata yang wajib Anda kunjungi. Jangan kuatir, selain menawarkan keindahan pesona alam lautnya, tempat ini juga memiliki sejumlah fasilitas yang pas untuk menemani aktivitas Anda saat berada di area wisata Gili Trawangan.

Bukan hanya terkenal dengan eksotisme lautnya saja, melainkan tempat wisata ini juga menawarkan beberapa obyek wisata lain yang bisa Anda kunjungi. Ingin tahu apa saja wisata terbaik yang ada disana?
Berikut 7 tempat wisata Gili Trawangan yang pas untuk menemani liburan Anda:

1. Wisata Bawah Laut

Selain dapat menikmati keindahan alam laut yang sangat memesona, Anda juga akan dimanjakan dengan wisata bawah lautnya yang sangat eksotis. Wisata bawah laut di sini sudah masuk ke dalam lisensi wisata bawah laut berstandar internasional. Jadi jangan kuatir, keindahan alam bawah laut di sini begitu indah dan bahkan membuat siapa saja yang pernah mencobanya ketagihan.

Untuk bisa menikmati keindahan alam bawah laut yang ada di Pulau Gili Trawangan, Anda bisa mencobanya dengan aktivitas snorkeling atau diving. Snorkeling bisa Anda lakukan dengan menyelam datar di tepi pantai. Namun jika ingin masuk lebih dalam lagi, Anda bisa mencobanya dengan aktivitas diving atau menyelam lebih dalam.

Untuk bisa menyelam di pulau ini, Anda akan didampingi dengan seorang pemandu atau operator diving andalan. Umumnya setiap pemandu memiliki spot yang berbeda-beda, antara lain seperti Trawangan Slope, Deep Turbo, Simons Reef, Coral Fan Garden, Bounty Reef, Shark Point, Halik Reed, Jeck Point, dan masih banyak lagi.

2. Obyek Wisata Konservasi Penyu

7 Wisata di Gili Trawangan yang Pas untuk Menemani LiburanFoto: Afif/detiktravel


Selain wisata alam bawah laut, ada satu obyek yang cukup menarik dan populer di kalangan wisatawan, yaitu obyek wisata konservasi penyu. Tempat penangkaran penyu ini berada di sebelah pelabuhan Gili Trawangan. Di sini Anda bisa melihat bagaimana proses perkembangbiakan penyu atau kura-kura kecil. Selain dapat melihatnya secara langsung, pengunjung juga akan diajak ikut serta dalam mengembangkan konservasi yang ada di sini. Mereka akan dipandu oleh seorang pemandu yang akan menjelaskan secara lebih detail bagaimana proses konservasi penyu yang ada di wilayah ini.

3. Keindahan Pantai Gili Trawangan

Gili Trawangan memang sangat terkenal dengan keindahan alam pantainya. Pantai di sini masih sangat terjaga dan bebas dari tumpukan sampah. Air lautnya juga masih sangat jernih dengan warna kebiru-biruan. Pasir putihnya pun juga masih sangat terjaga dan bersih, sehingga tak heran jika keindahan pantai yang ada di pulau ini begitu populer di kalangan wisatawan. Bahkan yang cukup menariknya lagi, pantai di sini memiliki beberapa fasilitas pendukung. Misalnya saja seperti fasilitas permainan air, penginapan di dekat pantai, rumah makan khas seafood, dan masih banyak lagi.



4. Panorama Sunset

7 Wisata di Gili Trawangan yang Pas untuk Menemani LiburanFoto: (Sana Salsabila/d'Traveler)


Saat menginjakan kaki ke Gili Trawangan NTB, maka jangan sampai melewatkan keindahan dari panorama matahari terbenamnya. Matahari terbenam atau sunset di tempat ini begitu memikat hati para pengunjungnya. Bahkan para wisatawan pun rela menghabiskan waktunya mulai dari menjelang sore hingga malam hari demi menikmati keindahan sunset di tempat ini dengan dukungan semilir air laut dan suara deburan ombak yang sangat khas.

Untuk Anda yang ingin menikmati keindahan sunset hingga malam hari, maka jangan kuatir. Tempat ini tidak hanya ramai di pagi hingga siang hari saja, melainkan malam hari pun juga banyak pengunjung yang datang ke sini untuk menikmati suasana pantai dengan berbagai pertunjukan yang digelar.

5. Stick Fighting atau Presean

Selain dimanjakan dengan keindahan alam pantainya yang begitu memukau, di sini Anda juga dapat menyaksikan berbagai pertunjukan seni yang sering diadakan di tepi pantai. Salah satu pertunjukan seni tradisional yang bisa Anda saksikan di Gili Trawangan ini adalah Presean. Presean merupakan seni bela diri yang berasal dari Suku Sasak Lombok. Kesenian bela diri ini memang cukup menarik dan bahkan sangat disukai oleh wisatawan mancanegara yang datang ke sana.

Kesenian bela diri Presean ini akan menampilkan dua orang petarung yang dinamakan sebagai Pepadu. Pepadu akan membawa senjata berupa tongkat rotan. Selain tongkat rotan, senjata lain yang mereka bawa ialah Ende yang merupakan sebuah tameng untuk melindungi tubuhnya dari serangan musuh. Saat pertarungan dimulai, maka suara hentakan musik dengan iring-iringan alat musik tradisional pun akan menambah keseruan dari pertunjukan ini.

6. Menonton Film di Tepi Pantai

Selain menonton pertunjukan seni bela diri tradisonal asli warga suku Sasak Lombok, ada pertunjukan lagi yang menambah seru liburan Anda di pulau kecil yang satu ini. Sebuah pertunjukan berupa nonton bareng film di tepi pantai pun menjadi pelengkap fasilitas hiburan yang disediakan oleh pihak pengelola.

Uniknya lagi, jika biasanya nonton film Anda lakukan di bioskop dengan membayar tiket masuknya. Namun berbeda jika Anda nonton film di tepi pantai Gili Trawangan ini. Nonton film di sini tidak dikenakan biaya sehingga pengunjung pun bisa dengan bebas datang dan menyaksikan film yang sedang diputar di waktu tersebut. Iringan suara debur ombak dengan semilir angin laut akan menemani keseruan malam Anda di sini.

7. Live Music

Untuk Anda yang ingin suasana berbeda di sini, akan ada pertunjukan musik yang ada di sini untuk menjadi pilihannya. Selain fasilitas nonton film, Anda juga dimanjakan dengan pertunjukan live music yang ada di kafe-kafe dekat tepi pantai. Bahkan untuk Anda yang lelah dengan aktivitas wisata di siang hari, malam harinya Anda bisa beristirahat dengan menikmati alunan musik yang ada di kafe-kafe dekat tepi pantai Trawangan ini. Anda bisa menikmati alunan musik dengan ditemani makanan dan minuman yang bisa Anda pesan secara langsung.

Kini tak perlu bingung saat menginjakan kaki ke Gili Trawangan, ada banyak hiburan yang bisa Anda nikmati di pulau kecil yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini. Sehingga liburan pun akan lebih seru dan menyenangkan untuk Anda nikmati.

Jadi kapan kamu liburan ke Gili Trawangan?