Suasana kantor pemerintahan biasanya tampak kaku dan membosankan. Namun di Ciamis, kantor disulap jadi galeri unik berisi aneka miniatur.

Kantor tersebut adalah Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis yang berada di Komplek Perkantoran Kertasari di Jalan Mr Iwa Kusumasomantri. Mini galeri tersebut dibangun di bagian tengah dan lobi kantor. Digagas oleh Kepala Bidang Destinasi Budi Kurnia, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Ekonomi Kreatif.

Dari pantauan detikcom, saat di pintu masuk, pengunjung disuguhkan dengan baliho besar dengan gambar berbagai destinasi wisata di Ciamis. Kemudian di bagian tengah terdapat satu set gamelan komplit yang bisa dimainkan.

Pada dinding dan sudut ruangan tersimpan berbagai koleksi miniatur dan cinderamata khas buatan Ciamis asli. Sedikitnya ada 7 bagian rak yang menyimpan berbagai miniatur.

Ada semacam galeri berisi miniatur di sini (Dadang Hermansyah/detikcom)Ada semacam galeri berisi miniatur di sini (Dadang Hermansyah/detikcom) Foto: undefined

Antara lain, miniatur Bebegig, perahu Situ Panjalu, Ebeg atau Kuda lumping, miniatur Gong perdamaian di Karangkamulyan, Wayang, Domba Panjalu dan batik Ciamis. Di satu sudut terdapat galeri foto-foto tempat wisata unggulan di Ciamis.

Kabid Destinasi Wisata Dispar Ciamis Budi Kurnia menuturkan ide untuk membuat galeri mini ini untuk menunjukan identitas bahwa kantor tersebut merupakan Dinas Pariwisata. Sebab, sebuah tempat akan dipercaya bila memiliki identitas sesuai bidangnya.

"Jadi Dinas Pariwisata ini harus muncul, harus terasa betul-betul bahwa kantor ini bergerak di bidang wisata. Harus mencerminkan wisata, atmosfernya," katanya saat ditemui di kantornya, Kamis (14/3/2019).

Miniatur gong perdamaian (Dadang Hermansyah/detikcom)Miniatur gong perdamaian (Dadang Hermansyah/detikcom) Foto: undefined


Menurut Budi, pada galeri tersebut disimpan berbagai cinderamata, produk unggulan dan miniatur khas dari Kabupaten Ciamis sebagai cerminan.

Mini galeri tersebut terbuka untuk umum. Sehingga semua masyarakat bisa datang ke kantor Dinas Pariwisata meski hanya untuk melihat-lihat dan foto-foto. Dibuka setiap hari kerja.

"Ada juga kunjungan mahasiswa praktik, disini foto-foto, masyarakat juga silakan datang kalau ingin tahu Ciamis. Jadi setelah tahu di sini, mungkin bisa datang langsung ke lokasi wisatanya," ucap Budi.

 Motif batik Ciamis (Dadang Hermansyah/detikcom) Motif batik Ciamis (Dadang Hermansyah/detikcom) Foto: undefined


Budi mengaku akan terus menambah koleksi di mini galeri tersebut, supaya lebih menarik dilihat dan tidak bosan.

"Setiap menemukan hal yang unik tentu kami akan jadikan sebuah koleksi di mini galeri ini," pungkasnya.