Bakat Alami Jafar Sidik sang Legenda Persib dari Sumedang

Kisah Legenda Persib

Bakat Alami Jafar Sidik sang Legenda Persib dari Sumedang

Nur Azis - detikJabar
Minggu, 21 Agu 2022 09:00 WIB
Jafar Sidik.
Legenda Persib Bandung Jafar Sidik. (Foto: Nur Azis/detikJabar)

Jafar yang dikenal jago bermain sepak bola, saat itu didaulat ikut serta dalam kompetisi sepak bola yang digelar Polres Sumedang. Saat itu, ia mewakili Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

"Jadi pada waktu itu, setiap bulan Juli Polres Sumedang suka mengadakan kompetisi sepak bola bertajuk Polres Cup," ujarnya.


Dalam kompetisi itu, tim yang dibela Jafar, yakni Tim PGRI bertemu di final dengan tim dari Polres Sumedang. Saat itu tim Jafar jadi juara berkat kemenangan dengan skor telak 9-0.

"Dari skor itu, 7 gol diantaranya lewat kaki saya dan tim saya juara pada saat itu," ungkapnya.

Tanpa sepengetahuannya, di antara riuh penonton kala itu, terselip tiga orang dari staf pelatih Persib Bandung, yakni Marek Jonata asal Polandia, DRS. Swardaya dan Nandang yang mengamati serta menyukai gaya permainannya.

Selepas kompetisi tersebut, utusan Ketua Umum Persib Bandung yang kala itu dipegang Solihin GP memintanya bergabung dengan Persib Bandung.

"Saat itu datang utusan dari Pak Solihin GP yang meminta saya untuk bergabung dengan Persib. Awalnya orang tua saya tidak mengizinkan atau bisa (diperbolehkan) jadi pesepak bola asalkan (sambil) kuliah," paparnya.

Dengan persyaratan seperti itu, Jafar akhirnya ke Fakultas Pendidikan Olahraga (FPOK) di Bandung sekaligus bergabung dengan klub sepak bola anggota Persib Bandung, yakni Wisuda Parama. Setelah itu ia pindah ke Setia FC. Ini jadi langkah awal Jafar untuk menembus skuad Persib.

Klub anggota dari Persib Bandung tersebut berjumlah 36 klub. Semua klub itu nantinya akan berkompetisi untuk menjaring bagi para pemain Persib selanjutnya.

Setelah meniti karier dari tim anggota Persib, Jafar akhirnya bisa jadi bagian tim senior Persib. "Saya diterima di Persib pada sekitar tahun 1984," ujarnya.

Laga demi laga ia lalui bersama Persib. Tapi, ada salah satu momen yang paling membekas dalam ingatannya. Momen itu adalah saat Persib mengalahkan Persija Jakarta pada ajang Siliwangi Cup dan jadi juara.

"Saat itu Persib menang lawan Persija dengan skor 2-1 untuk kemenangan Persib," ucapnya.


(orb/orb)