15 Cara Mengusir Tikus yang Membandel di Rumah

Anindyadevi Aurellia - detikJabar
Kamis, 21 Jul 2022 14:46 WIB
5 Susu Termahal di Dunia, Ada Susu Sapi hingga Susu Tikus
Ada beberapa cara mengusir tikus di rumah. Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

Tikus seringkali menetap di rumah manusia untuk mencari makanan dan tempat berlindung. Keberadaannya cukup merugikan sebab sering menyebabkan kerusakan seperti mengunyah kabel, buku, parahnya lagi mereka bisa mencemari mainan anak dengan meninggalkan jejak urine dan feses yang mengandung bakteri dan virus sumber penyakit.

Berikut ini beberapa tips cara mengusir tikus seperti dikutip dari Healthline.

Cara Mengusir Tikus di Rumah

1. Manfaatkan Kucing Peliharaan

Jika anggota keluargamu tidak ada yang alergi kucing, memelihara kucing bisa jadi cara termudah untuk menyingkirkan tikus. Kucing peliharaanmu pasti akan senang berburu tikus. Namun, jika kamu tak mau memelihara kucing, kamu bisa ambil kotoran kucing dan sebarkan di area yang paling sering dikunjungi tikus. Meskipun terkesan menjijikkan, tapi pilihan ini bisa kamu lakukan sebagai pencegah utama tikus datang. Pastikan juga untuk menjauhkan kotoran kucing dari jangkauan anak-anak.


2. Gunakan Essential Oil

Bau kuat minyak peppermint dan minyak cengkeh berpotensi mampu mengusir tikus. Caranya, basahi bola kapas dengan minyak esensial dan letakkan di area yang menarik tikus seperti laci, lemari, dan pintu masuk rumah. Setidaknya, hilangkan aroma makanan dari sudut-sudut rumah.

3. Pasang Perangkap

Pasang perangkap yang tak harus membuat tikus mati, seperti perangkap dengan lem kuat untuk mencegah tikus kabur dari papan atau perangkap yang akan membuat tikus langsung terjebak dalam sebuah kotak. Tempatkan perangkap di area rumah yang paling sering dikunjungi tikus dan periksa setiap pagi. Beri makanan untuk menarik perhatian tikus seperti selai kacang, keju, atau popcorn.

Jika berhasil, lepaskan tikus di area yang sangat jauh dari rumahmu dan sebaiknya tidak di daerah yang berpenghuni. Jangan menyentuh tikus secara langsung untuk menghindari penyakit yang mungkin dibawa.

4. Beri Larutan Cabai

Kalau menggunakan umpan beracun, sepertinya tampak seperti solusi yang mudah. Namun cara ini juga bisa berisiko karena racunnya dapat membuat hewan peliharaan dan anak-anak mungkin tercemar. Baiknya akan lebih aman menggunakan umpan yang tidak beracun, sehingga cobalah larutan cabai pekat. Semprotkan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan, tetapi di tempat yang sering dikunjungi tikus seperti di bawah kompor atau di belakang lemari.

5. Buat Perangkap Sendiri

Kamu bisa gunakan peralatan rumah tangga seperti ember besar, tongkat, dan gelas plastik. Caranya, tusuk gelas plastik dengan tongkat dan letakkan tongkat dan gelas di bagian atas ember yang terbuka. Oleskan selai kacang pada gelas sebagai umpan. Tikus harus lari ke cangkir, melewati tongkat, dan kemudian jatuh ke dalam ember.

6. Tutup Ruang Kecil Sarang Tikus

Jangan beri ia ruang untuk tinggal dan bebas berseliweran, caranya bisa masukkan wol baja ke dalam ruang sempit yang suka dimasuki tikus. Steel wool atau amplas besi tidak mungkin dan tidak enak untuk dikunyah, kamu bisa menggunakan steel wool sebagai pencegah alami.

7. Tutup dengan Lakban

Kamu perlu perhatikan beberapa titik masuk yang seringkali digunakan tikus berjalan-jalan, seperti di bawah wastafel sekitar pipa, belakang lemari, dan lainnya. Tutup lubang-lubang tersebut dengan selotip.

8. Bersihkan Area yang Sering Disinggahi

Selain tempat-tempat seperti dapur dan halaman belakang, bagi tikus, mobil juga menjadi tempat yang menarik. Begitu tikus mulai mengunyah kabel, mereka dapat merusak mobil. Meskipun sudah memasang perangkap tikus di garasi, akan lebih baik jika mampu mencegahnya masuk ruangan. Maka, bersihkan titik-titik tersebut dari tumpukan barang, sisa makanan, dan buat agar garasi atau titik manapun menjadi ruang tertutup.

9. Usir dari Sarang Utamanya

Plafon rumah adalah sarang utama para tikus. Biasanya, saat malam hari barulah terasa kegaduhan dari dalam langit-langit rumah. Maka, kamu harus beranikan diri untuk masuk dan terjun langsung ke sarang utama dan usir dari plafon. Jika tak berhasil, bisa juga pasang berbagai perangkap di plafon.

10. Beri Buah Mengkudu

Cara sederhana ini bisa jadi penyelamat buat rumahmu. Ambil buah mengkudu yang sudah matang, kemudian potong menjadi beberapa bagian. Taruh potongan mengkudu di tempat yang disukai tikus. Mereka akan benci dengan baunya.

11. Beri Kulit Durian

Letakkan beberapa kulit durian dalam posisi telungkup di tempat yang biasa dilewati tikus. Bisa pula letakkan di atas langit-langit rumah atau plafon. Dengan cara ini, tikus lebih malas melewati tempat yang diberi kulit durian.

12. Beri Bubuk Kopi

Kamu juga bisa menggunakan bubuk kopi yang punya bau cukup menyengat. Caranya dengan membungkus segenggam kopi hitam dengan kain kasa. Letakkan di sudut yang sering didatangi tikus. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin-poin sebelumnya, intinya adalah beri aroma yang kuat dan jauhkan dari aroma makanan.

13. Beri Kamper yang sudah Dihaluskan

Lagi-lagi bau menyengat untuk membasmi tikus. Kamu bisa haluskan kamper atau kapur barus, kemudian taburkan pada sarang atau jalan yang sering dilewati tikus. Namun, penggunaan kamper tentunya harus hati-hati, jangan sampai justru mencemari peralatan dapur atau makanan.

14. Beri Kulit Petai atau Jengkol

Bau tak sedap dan menyengat dari makanan seperti petai, jengkol, bisa jadi penolong untuk rumahmu. Beri pada titik-titik yang menjadi sarang tikus, sebab mereka pasti tak berminat untuk mengunyah makanan tersebut. Meskipun kamu mungkin harus merelakan sudut rumahmu sedikit berbau.

15. Beri Pemutih Pakaian atau Kaporit

Bau kedua cairan ini cukup menyengat, namun sebaiknya gunakan cairan ini di titik yang jauh dari jangkauan makanan dan dapur rumah tangga. Sebarkan cairan pemutih pada titik-titik yang dilewati tikus seperti plafon rumah contohnya. Kamu bisa menuangkannya, atau gunakan semprotan yang cukup kencang agar mampu mengalirkan cairan dengan cukup banyak.

Cara Mencegah Tikus datang Kembali

Tikus dapat menyebarkan penyakit, jadi baiknya begitu kamu mengetahui ada tanda-tanda keberadaan tikus, cepatlah lakukan sesuatu. Tingkat reproduksi mereka sangat tinggi sehingga akan sulit mengusirnya jika terlalu lama dibiarkan bersarang di rumah.

Jika sudah cukup banyak tikus di rumahmu, mungkin butuh waktu sampai beberapa minggu untuk membersihkan rumah dari tikus. Setelah berhasil menangkapnya, pastikan kamu betul-betul membersihkan semua permukaan yang sering dinaiki tikus untuk meminimalisir penyakit.

Cara terbaik untuk mencegah serangan tikus adalah dengan menjaga kebersihan rumah. Berikut ini ada beberapa tipsnya:

1. Buatlah Peraturan "Makan Harus di Meja Makan"

Ini untuk mencegah adanya sisa makanan selain di area dapur. Jika ingin makan makanan ringan pun, baiknya pastikan kalau makan hanya di satu titik dan setelah selesai bisa melihat di area sekitar adakah sisa makanan yang jatuh atau berserakan?

2. Segera Bersihkan Sisa Makanan

Makanan ringan di sofa maupun makanan berat di meja makan, atau bahkan sisa bahan makanan dari dapur harus segera dibersihkan saat itu juga setelah selesai. Hal ini untuk mencegah tikus datang dan mengincar sisa-sisa makanan yang lupa dibersihkan atau bersembunyi di kolong meja kursi.

3. Simpan Bahan Makanan dalam Kaca

Bahan makanan yang disukai tikus seperti biji-bijian, kacang-kacangan, keju, dan tepung baiknya disimpan dalam wadah kaca atau logam. Jangan pada wadah plastik sekalipun itu wadah plastik yang tebal, karena tikus mampu menggerogoti wadahmu.

4. Bersihkan Meja Makan dan Perhatikan Waktu Memasak

Hindari memasak atau makan di malam hari karena jika sisa makanan tak terlihat dan masih fresh, pasti sangat berpotensi mengundang tikus untuk datang dan ikut menyantap sisa makan malammu.

5. Rajin Bersih-Bersih

Gunakan vacum cleaner serta rajin membersihkan seluruh area rumah adalah kunci utama tikus enggan datang lagi. Vacum cleaner akan membantumu menyedot habis seluruh sisa makanan bahkan yang tersembunyi di bawah sofa. Ciptakan suasana rumah yang wangi dan higienis, tidak ada tumpukan barang serta tertutup. Ini jadi kunci penting sebuah rumah akan bebas dari tikus.

Nah, itu tadi berbagai tips mulai dari membasmi hingga mencegah tikus datang lagi. Ingat, kunci agar tikus tak mau datang lagi adalah ciptakan rumah yang bersih dan wangi! Semoga berhasil, ya!



Simak Video "Ini Alasan Anindita Hidayat Jadi Influencer"
[Gambas:Video 20detik]
(aau/fds)