Kabupaten Ciamis

Cerita Warga Melihat Ngerinya Bus Maut Tabrak Kendaraan-Rumah di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikJabar
Minggu, 22 Mei 2022 10:06 WIB
Rombongan Bus Pariwisata Kecelakaan di Tanjakan Balas Ciamis, Tabrak 3 Rumah 1 Warung)
Penampakan bus rombongan peziarah kecelakaan di Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikJabar).
Ciamis -

Bus rombongan peziarah asal Balaraja, Tangerang menabrak rumah dan kendaraan di Desa Payungsari, Panumbangan, Ciamis, Sabtu (21/5/2022) petang. Kecelakaan ini mengakibatkan 4 orang tewas.

Agus Gunawan, warga setempat melihat jelas detik-detik kejadian bus maut tersebut menabrak rumah. Menurutnya kejadiannya cukup cepat, berawal dari Bus Pandawa melaju dalam keadaan tidak terkendali dari arah Panjalu menuju Panumbangan. Ketika itu, ia sedang berada di pinggir jalan menunggu waktu magrib depan sebuah toko meubel.

"Kejadiannya cukup cepat, bus oleng, sekitar menjelang magrib. Kondisi jalan memang sedang sepi," ujar Agus Gunawan saat ditemui di sekitar lokasi kejadian, Minggu (22/5/2022).


Terdengar suara mesin bus yang bergemuruh. Tepat di Tanjakan Balas/Pari, bus yang melaju kencang kemudian menyerempet elf (mikrobus) yang sedang berhenti di pinggir jalan. Kemudian bus terus melaju dan menabrak pohon sebelah kiri.

"Setelah menabrak pohon, bus lalu menabrak sepeda motor yang ditumpangi Feri dan Enok yang ada di depannya. Kemudian menabrak mobil Karimun yang juga di depannya dari arah yang sama," ungkap Agus.

Setelah itu, bus kemudian oleng ke arah kanan dan menabrak lagi sepeda motor dan mobil boks yang melaju dari arah berlawanan. Bus masih terus melaju hingga menabrak tiga rumah dan satu warung milik warga.

Setelah kejadian, pada penumpang bus turun melalui pintu belakang dan kaca samping. Warga yang mengetahui kejadian itu langsung mendatangi lokasi untuk membantu para korban. Termasuk mengevakuasi korban pemotor yang berada di bawah mobil boks usai tertabrak.

"Saya bersama warga langsung menghampiri dan membantu para korban," ungkapnya.

Pantauan detikjabar, Minggu (22/5/2022) di lokasi kejadian, terlihat petugas Dishub Ciamis mengatur lalu lintas. Lokasi rumah dibatasi dengan traffic cone. Sejumlah warga terlihat di lokasi kejadian, beberapa di antaranya memotret sejumlah rumah yang rusak itu.

Warga belum membereskan puing-puing rumah. Semua masih dibiarkan begitu saja. Menurut informasi akan ada olah tempat kejadian perkara dari pihak kepolisian.

(mso/mso)