Sang Anak Lulus UI 2021 Jalur SNMPTN, Dede Yusuf Jelaskan Peran Orang Tua

Rosmha Widiyani - detikEdu
Jumat, 25 Jun 2021 08:57 WIB
Putri Dede Yusuf
Sang Anak Lulus UI 2021 Jalur SNMPTN, Dede Yusuf Jelaskan Peran Orang Tua (Foto: Instagram)
Jakarta - Cita-cita masuk UI 2021 jalur Saringan Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) berhasil diraih Kaneisha Lathifa Zahra. Politisi Dede Yusuf mengungkapkan kebanggaan atas prestasi putrinya.

"Perjuangan setahun sekolah belajar di rumah sampai begadang membuahkan hasil. Selamat. Good luck," kata Dede Yusuf melalui akun TikToknya @ddyusuf66 dilihat detikcom Kamis (24/6/2021).

Prestasi anak tak lepas dari dukungan orang tua, termasuk untuk Kaneisha. Apalagi menurut Dede, putrinya tersebut semi artis karena kesibukan syuting dan nyanyi.

Menurut Wakil Ketua Komisi X DPR RI tersebut, orang tua wajib mendukung dan mengarahkan anaknya. Apalagi jika anak telah menunjukkan komitmen pada suatu bidang. Dukungan bisa diberikan dalam berbagai bentuk.

"Ibunya selalu menemani belajar sampai tidur di kamar Kaneisha. Kaneisha perlu pendamping belajar. Ibunya ndengerin dan ngecek materi pelajaran Kaneisha yang perlu dihapal," kata Dede yang pernah aktif sebagai aktor ini pade detikEdu, Kamis (25/6/2021).

Bentuk dukungan lain adalah tidak memaksakan kehendak apa pun pada anak. Dede mengatakan, dia tidak pernah menargetkan putri bungsunya masuk UI. Apalagi dengan kesibukan plus keaktifan Kaneisha di organisasi.

Namun menurut Dede, motivasi Kaneisha bangkit melihat kakaknya yang berhasil lebih dulu masuk UI. Selanjutnya Dede berhasil menyelesaikan pendidikan doktoralnya di Universitas Padjadjaran.

"Kakaknya keterima duluan di UI ambil teknik arsitektur. Terus tes lagi dan keterima di ekonomi UI. Dari sini Kaneisha bisa belajar termasuk soal memilih jurusan," kata Dede.

Kondisi tersebut menjadi trigger bagi Kaneisha untuk berprestasi. Hasilnya Kaneisha bisa meraih cita-citanya tanpa paksaan atau tekanan. Kaneisha berhasil lulus UI 2021 di jurusan ilmu hubungan internasional FISIP UI.

Dari obroloan ini, dukungan keluarga bisa berupa trigger sekaligus support system. Keluarga tidak boleh terlalu santuy terkait capaian prestasi atau bidang lain, meski jangan sampai maksa atau menekan anak.

Dede berharap kebahagiannya dan Kaneisha bisa dirasakan keluarga lainnya di Indonesia. Seperti putrinya, anak lain juga bisa mendapatkan sekolah yang diinginkan. Termasuk bagi yang ingin masuk UI lewat berbagai jalur seleksi.

Simak Video "Tanda Tangan Jokowi Bikin Rektor UI Bisa Rangkap Jabatan"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia