Tips Kaneisha Lathifa, Putri Dede Yusuf yang Lulus UI 2021 Jalur SNMPTN

Rosmha Widiyani - detikEdu
Kamis, 24 Jun 2021 21:03 WIB
Tips Kaneisha Lathifa, Putri Dede Yusuf yang Lulus UI 2021 Jalur SNMPTN
Foto: Screen shoot Instagram Dede Yusuf/Tips Kaneisha Lathifa, Putri Dede Yusuf yang Lulus UI 2021 Jalur SNMPTN.
Jakarta - Politikus Dede Yusuf patut berbangga, putrinya Kaneisha Lathifa Zahra lulus masuk UI 2021 lewat jalur SNMPTN. Kaneisha menjadi mahasiswa baru jurusan ilmu hubungan internasional FISIP UI.

"Alhamdulillah, anakku @kaneishiayusuf lulus SNMPTN. Terimakasih semua yang sudah mendoakannya. Saya doakan berhasil semua," tulis anggota legislatif tersebut di akun TikToknya @ddyusuf66.

Saat dihubungi detikEdu pada Kamis (24/6/2021), anggota Partai Demokrat tersebut menbocorkan tips Kaneisha hingga berhasil lulus UI 2021 jalur SNMPTN. Kaneisha sebelumnya bersekolah di SMA 8 Jakarta.

Tips pertama adalah kerja keras dan komitmen tinggi mendapatkan sekolah yang diinginkan. Menurut Dede bukan hal aneh melihat putrinya masih belajar hingga larut malam atau dini hari.

"Dia belajar di kamar dan sampai malam masih suka denger bunyi yang artinya masih bangun. Dia keluar kamar sebentar paling cuma ambil makan trus balik lagi. Di situ saya tahu dia punya komitmen tinggi dan mental yang kuat," kata Dede.

Kultur pekerja keras, komitmen, dan mental yang kuat tak lepas dari lingkungan sekolah yang kompetitif. Menurut Dede, putrinya juga selalu dimotivasi lulus UI 2021 atau melanjutkan sekolah ke PTN bergengsi lainnya.

Tips kedua adalah dukungan dari orang tua yang tak pernah putus. Dede mengatakan, Kaneisha selalu belajar ditemani sang ibu. Tak jarang sang ibu ikut tidur di kamar Kaneisha karena harus menemani putrinya belajar.

"Kaneisha biasa ditemani ibunya saat harus rewrite atau mengecek materi pelajaran. Misal saat Kaneisha harus menghapal palajaran maka ibunya yang dengerin dan ngecek hapalan," kata Dede yang kini aktif di komisi X DPR RI.

Komitmen tinggi dan dukungan orangtua menguatkan tekad dalam diri Kaneisha untuk lolos UI 2021 jalur SNMPTN. Tips selanjutnya adalah keputusan bulat Kaneisha untuk fokus belajar dan membatasi aktivitasnya.

"Dia tidak ikut jalan-jalan yang biasa kita lakukan setahun sekali. Dia juga stop ekskul, nyanyi, dan syuting untuk sementara. Selain itu, Kaneisha berhenti nonton tayangan apapun.

Kerja keras Kaneisha akhirnya berbuah manis saat dia dinyatakan lulus UI 2021 jalur SNMPTN. Dede Yusuf kemudian mengabulkan permintaan putri bungsunya untuk jalan-jalan dan beli sepatu.

"Dia maunya ke Bali tapi kita ganti ke Jogja. Dia juga mau dibelikan sepatu. Sekarang aktivitasnya sudah kembali seperti semula. Sudah syuting lagi dan nyanyi," kata Dede.

Cerita Dede Yusuf dan putrinya Kaneisha semoga bisa menginspirasi kamu yang ingin kuliah di UI. Semoga cita-cita kamu tercapai lewat jalur SNMPTN atau seleksi masuk lainnya.

Simak Video "Tanda Tangan Jokowi Bikin Rektor UI Bisa Rangkap Jabatan"
[Gambas:Video 20detik]
(row/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia