4 Cara Lolos Masuk ITB ala Fikri Naufal, Peraih Nilai SBMPTN Sempurna

Trisna Wulandari - detikEdu
Rabu, 23 Jun 2021 19:45 WIB
siswa MAN Cendekia lolos ITB
Foto: Dok. Naufal
Jakarta -

Fikri Naufal Hamdi sudah menargetkan diri untuk mendapat nilai bagus di UTBK SBMPTN, khususnya mata pelajaran Matematika. Rupanya, siswa MAN Insan Cendekia Pekalongan, Jawa Tengah ini justru lancar mengerjakan soal-soal Kimia di SBMPTN tahun ini. Alhasil, Naufal mendapat nilai UTBK SBMPTN sempurna di mata pelajaran Kimia.

"(Dibanding mata pelajaran lain) Konsepnya udah lebih matang dan lebih dipahami. Jadi ngerjain soalnya lancar, dibanding mata pelajaran lain," kata Naufal kepada detikEdu, Rabu (23/6/2021).

Anak pasangan Agus Suwarsono dan Nur Afifah ini lalu diterima di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan nilai TKA Saintek Matematika 554,03, Fisika 871,98, dan Biologi 615,2. Naufal menuturkan, ia sejak dulu sudah berminat dengan dunia IT.

"Rencananya (kuliah) di informatika atau sistem teknologi dan informasi. Pas pilih jurusan yang mana, saya enggak pengen jurusan yang terkait ilmu alam, seperti fisika, kimia, biologi. Suka belajarnya, seneng, untuk jadi subject selama 4 tahun dan untuk dunia kerja, pengen fokus di matematika saja, sama logics. Nah, pilihannya informatika," tutur Naufal.

Siswa penyuka matematika ini menuturkan, ia juga sempat secara tidak langsung bersentuhan dan belajar coding, algoritma, dan struktur data saat diikutkan olimpiade komputer oleh sekolah. Karena itu dia lebih bisa membayangkan akan belajar apa di jurusan yang diinginkannya tersebut.

"Walaupun belum expert, jadi kebayang coding itu seperti apa, (bahwa) enggak jauh dari matematika, dan menjurus juga sama (jurusan) yang dipengen," kata Naufal.

Siswa kelahiran Tegal tahun 2003 ini menuturkan, ia semula belum belajar soal-soal UTBK SBMPTN saat di kelas 10 dan 11. Meskipun demikian, dia belajar memahami materi selama di kelas 10 dan 11 agar membantunya menyiapkan diri menghadapi UTBK SBMPTN dan seleksi masuk perguruan tinggi lainnya.

"Karena materi UTBK juga sama-sama pelajaran SMA, pas persiapan (SBMPTN) lebih enak review materinya. Antara semester 1-2 kelas 12 mulai fokus persiapan," tuturnya.

Nah, berikut cara lolos masuk ITB ala Naufal, peraih nilai UTBK SBMPTN 2021 sempurna di mata pelajaran Kimia:

1. Tetapkan Target

Naufal menuturkan, ia mencoba berkomitmen dengan diri sendiri untuk menyelesaikan target harian belajar. Ia mengatakan, target pribadi dan komitmen tersebut merupakan pengganti dari bimbingan dengan guru yang dulu ada di sekolahnya sebelum pandemi.

"Pertama kalau buat target, bikin yang simpel dan kecil, biar nggak susah ngejar targetnya. Misal sehari satu bab kimia, satu bab fisika, atau yang simpel dan tergapai. Enggak harus satu bab. Nanti secara simultan terpacu untuk capai target selanjutnya. Jadi dibawa santai, tapi berprogres," kata Naufal.

Ia menambahkan, target hariannya dicapai dengan review materi, lalu dilanjutkan ke latihan soal. "Buat implementasi pemahaman, cek di latihan soal. Jadi benar-benar pahamin konsep, baru lanjut latihan soal," katanya.

2. Latihan Soal Berbagai Sumber

Naufal menuturkan, ia terkadang juga mencari berbagai sumber latihan soal di media sosial sebagai pelengkap latihan soal dari buku cetak.

"Jadi enggak saklek satu sumber. Kalau satu soal kurang relevan, kompleksitasnya enggak setinggi standar UTBK, skip (soal itu). Tapi kalau ketemu soal terlalu susah, bisa juga kerjakan soal yang lebih lama atau lebih sederhana. Tapi kalau soal-soal lama itu biasanya di-skip karena mirip soal latihan biasa. Jadi lihat soal yang mirip sama soal latihan tahun ini," jelasnya.



Simak Video "Di Sidang Terbuka ITB, Jokowi Umumkan Indonesia Naik Kelas"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia