Indikator PTKIN Kini Makin Diminati Masyarakat

Novia Aisyah - detikEdu
Sabtu, 19 Jun 2021 11:00 WIB
Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Rabu (7/3/2018).
Foto: Usman Hadi/detikcom/UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, salah satu PTKIN favorit
Jakarta - Hasil UMPTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) sudah diumumkan Kamis (17/6/2021). Pengumuman tersebut mulai bisa diakses Kamis setelah pukul 13.00 WIB.

Perlu diketahui terlebih dulu, UMPTKIN merupakan seleksi bersama yang mencakup Universitas Islam Negeri (UIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Dari hasil seleksi pada tahun ini, sebagian besar pendaftar telah melakukan daftar ulang. Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Muhammad Ali Ramdhani menanggapi hal tersebut sebagai tanda bahwa PTKIN makin diminati.

"Dengan capaian angka prosentase 75% pendaftar yang melakukan daftar ulang, maka saat ini PTKIN telah menjadi pilihan masyarakat," ujar Dhani, seperti dikutip dari situs Kemenag, Sabtu (19/6/2021).

Selain itu, sebaran asal sekolah yang merata juga disebut Dhani sebagai indikator bahwa PTKIN tambah dilirik masyarakat.

Pada tahun ini, pendaftar dari MA dan pesantren adalah sebesar 46%, diikuti SMA 42%, dan SMK 12%. Total keseluruhan ada 100.038 peserta UMPTKIN.

Pada seleksi tersebut ada lima program studi yang memiliki paling banyak pendaftar. Kelima prodi tersebut adalah Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya, Hukum Ekonomi Syariah UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Farmasi UIN Alaudin Makassar, Teknik Informatika UIN Alaudin Makassar,dan Ekonomi Syariah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tahun 2021 ini, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi primadona para calon mahasiswa. Pada peringkat kedua ada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, diikuti UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan UIN Alauddin Makassar.

Pada UMPTKIN 2021, peminat dari kelompok IPS mendominasi dengan jumlah 91.774 peserta. Selanjutnya, pada kelompok IPA sebesar 8.264 peserta.



Simak Video "Dosen Agama UGM Sebut Awal Mula Agama Baha'i dari Kemendagri"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia