3.873 Peserta Lolos SBMPTN Unnes, Ini Langkah Selanjutnya

Angling Adhitya Purbaya - detikEdu
Senin, 14 Jun 2021 20:30 WIB
Logo Unnes, Semarang, Kamis (12/7/2018).
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang -

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menetapkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2021. Di Universitas Negeri Semarang (Unnes) ada 3.873 calon mahasiswa yang lolos dari 43.359 yang mendaftar.

"Selamat kepada kepada peserta yang dinyatakan lolos SBMPTN, selamat datang 3.873 calon mahasiswa di kampus Unnes. bagi yang telah dinyatakan lolos kami harapkan segera melakukan tahapan registrasi sesuai dengan ketentuan. Bagi pendaftar Unnes yang belum diterima segera persiapkan diri untuk mengikuti Seleksi Mandiri Unnes. Terima kasih kami sampaikan kepada ketua dan segenap tim LTMPT yang telah mengfasilitasi proses penerimaan mahasiswa baru Unnes," kata rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/6/2021).

Sementara itu untuk langkah selanjutnya bagi yang lolos SBMPTN, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Semarang, Prof Zaenuri menyampaikan ada rangkaian kegiatan registrasi mahasiswa sesuai ketentuan yang berlaku.

"Calon mahasiswa yang telah dinyatakan lolos SBMPTN diharuskan mengisi isian data diri (data pokok) serta mengunggah/upload dokumen yang dipersyaratkan sebagai dasar penetapan besaran UKT dan seleksi penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, sesuai dengan panduan pengisian. Pengisian data pokok dilakukan secara daring melalui laman https://datapokok.unnes.ac.id mulai tanggal 16 sampai 23 Juni 2021 pukul 23.59 WIB. Mahasiswa yang dinyatakan diterima dapat memperhatikan informasi yang lengkap pada laman penerimaan.unnes.ac.id ," terang Prof Zaenuri.

Sementara itu, Kepala UPT Humas Unnes Muhamad Burhanudin menambahkan, alur registrasi administrasi calon mahasiswa baru jalur SBMPTN diawali dengan mengisi boring isian diri dan mengunggah dokumen secara daring melalui laman datapokok.unnes.ac.id. Kemudian mengirimkan dokumen seperti SKL, fotocopi raport dan isian borang A1 yang diunduh dari datapokok.unnes.ac.id ke bagian Akademik Unnes.

Lalu melakukan pembayaran biaya pendidikan dengan menggunakan nomor virtual account yang diperoleh. Setelah itu melakukan penyelesaian registrasi daring pada laman datapokok.unnes.ac.id dan mengunggah hasil pindai/ scan berkas dan mencetak bukti registrasi daring.

"Untuk jadwal pembayaran biaya pendidikan dilakukan mulai tanggal 1 sampai 8 Juli 2021, melalui Bank mitra Unnes yang meliputi Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Negara Indonesia (BNI 46), Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Mandiri di seluruh Indonesia. Perkuliahan bagi mahasiswa baru atau semester gasal 2021/2022 akan dimulai pada tanggal 23 Agustus 2021," terang Burhanudin.



Simak Video "Polda DIY Kirim 100 Tabung Oksigen ke RSUP dr. Sardjito"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia