Ketua LTMPT: Semua Peserta UTBK SBMPTN 2021 Bisa Ikut Seleksi Mandiri

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 14 Jun 2021 21:04 WIB
Pengumuman SBMPTN 2021 (dok. LTMPT)
Pengumuman SBMPTN 2021 (dok. LTMPT)
Jakarta - Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2021 dirilis hari ini pukul 15.00 WIB melalui 30 tautan yang disediakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan sejumlah perguruan tinggi.

Ketua LTMPT Mohammad Nasih mengatakan, semua peserta yang mengikuti UTBK SBMPTN 2021 tetap bisa mengikuti seleksi mandiri perguruan tinggi tujuan masing-masing.

Nasih menjelaskan, kursi jalur SBMPTN di sebuah perguruan tinggi yang tidak terpenuhi karena peserta tidak mendaftar ulang dapat diisi melalui jalur mandiri.

"Secara sistem, maksimal 1 bulan para rektor harus laporkan siapa yang daftar ulang sehingga tidak ada mekanisme jual beli," kata Nasih yang juga Rektor Universitas Airlangga, Surabaya dalam jumpa pers LTMPT, Senin (14/6/2021).

Ia menambahkan, peserta UTBK SBMPTN tidak dilarang mengikuti seleksi mandiri perguruan tinggi. Sebab, tidak ada ada sistem yang mendata apakah seorang peserta UTBK SBMPTN 2021 juga mendaftar lewat jalur lain.

"Soal apakah betul (peserta UTBK) SBMPTN tidak bisa (ikut ujian) mandiri, tidak ada sistem yang bisa memantau peserta SBMPTN (setelah pengumuman) lalu daftar ke mana. Kita tidak koordinasikan soal itu karena (seleksi mandiri) dilakukan di masing-masing perguruan tinggi," kata Nasih.

Nasih mengatakan, di sisi lain, ia dan semua rektor berharap peserta yang dinyatakan diterima di perguruan tinggi melalui UTBK SBMPTN 2021 melanjutkan daftar ulang di prodi dan perguruan tinggi masing-masing.

"Ini kesempatan langka diterima di SBMPTN, manfaatkanlah sebaiknya karena masih banyak yang belum diterima di SBMPTN. Kawan-kawan yang diterima (lewat UTBK SBMPTN 2021), tolong berikan kesempatan kepada kawan-kawan yang belum diterima," ujar Nasih

"Jangan karena pintar dan ingin ikut jalur mandiri, lalu ikut jalur mandiri. Sangat tidak bagus dan sangat tidak etis."

Dirjen Dikti Nizam mengajak peserta UTBK SBMPTN 2021 kelompok KIP Kuliah yang belum lolos untuk jangan ragu mengikuti seleksi mandiri di perguruan tinggi dan mendaftar di prodi sesuai minatnya. Sebab, pembiayaan KIP-Kuliah tahun ini disesuaikan proporsional sesuai prodi dan indeks harga di daerah kampus.

"Pembiayaan KIP-Kuliah sudah proporsional sesuai (biaya kuliah di sebuah) prodi dan kemahalan (biaya) di daerahnya, jadi adik-adik penerima KIP-Kuliah bisa daftar di mana pun sesuai keinginan dan cita-citanya," kata Nizam.

"Jangan khawatir mendaftar di mana pun. Selama yakin bisa masuk PTN, adik-adik akan dapat kesempatan yang sama dengan peserta yang tidak dengan KIP."

Nasih menambahkan, tahun ini ada 80 PTN yang menggunakan nilai UTBK SBMPTN 2021 sebagai salah satu nilai atau skema di seleksi mandiri. Ini artinya, peserta SBMPTN bisa menggunakan nilai UTBK untuk mendaftar seleksi mandiri di sejumlah PTN.

"Tahun lalu hampir 40 PTN, tahun ini tembus 80 PTN , tetapi ketentuan seleksi mandiri dan persentase (memakai nilai UTBK) di perguruan tinggi berbeda-beda. Ini hanya salah satu nilai (yang bisa dipergunakan) di seleksi mandiri," kata Nasih.

Ia mencontohkan, perguruan tinggi kedinasan di antaranya turut menggunakan nilai UTBK SBMPTN 2021 sebagai bagian dari seleksi mandiri.

"(Peserta seleksi) STAN itu harus daftar UTBK dan punya nilai UTBK," kata Nasih.



Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia