Ini Materi yang Diujikan dan Sistem Penilaian dalam Seleksi Mandiri Undip

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 18 Mei 2021 21:03 WIB
Angkutan umum di sekitar Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Senin (25/3/2019).
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom/Ini Materi yang Diujikan dan Sistem Penilaian dalam Seleksi Mandiri Undip
Jakarta - Universitas Diponegoro (Undip) membuka jalur masuk seleksi mandiri. Pendaftaran seleksi mandiri atau ujian mandiri (UM) dibuka sejak 19 April hingga 17 Juni mendatang.

Kemudian, pada tanggal 21 Juni hingga 3 Juni 2021 akan dilaksanakan ujian online. Terakhir, pengumuman kelulusan seleksi mandiri Undip akan dilakukan di tanggal 7 Juli 2021.

Berikut materi serta Sistem Penilaian dalam Seleksi Mandiri Undip:

Dikutip dari laman resmi Undip, ujian online pada tanggal 21 Juni hingga 3 Juni 2021 akan terdiri dari dua materi, yakni tes potensi skolastik (TPS) dan tes potensi akademik (TPA).

Sedangkan, nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tidak akan digunakan sama sekali dalam proses seleksi ujian mandiri Undip. Adapun, sistem penilaiannya akan digabung dari hasil ujian online serta portofolio calon mahasiswa.

Portofolio yang dimaksud adalah nilai prestasi pendaftar, mulai dari semester 1-6 selama duduk di bangku SMA. Ditambah, dengan pengetahuan umum wawasan kebangsaan.

Seleksi mandiri Undip sendiri menyediakan 5.089 kursi. Kuota tersebut dibuka untuk 51 prodi yang tersedia di Undip, mulai dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, hingga Fakultas Ilmu Budaya.

Untuk mengikuti seleksi mandiri Undip, detikers harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300 ribu dan memenuhi persyaratan sebagai berikut

-Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) tahun 2021, 2020 dan 2019
-Memenuhi persyaratan sesuai program studi yang dituju,
-Usia maksimal 22 tahun

Selamat mencoba seleksi mandiri Undip!



Simak Video "Resmikan Gedung Sekolah Vokasi Undip, Jokowi: Kita Dukung dan Apresiasi"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia