Universitas Pertamina Buka Jalur Masuk Tanpa Tes, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Puti Yasmin - detikEdu
Kamis, 22 Apr 2021 16:30 WIB
Universitas Pertamina menunjuk pebalap muda Moto2, Ali Adrian sebagai duta dari Universitas Pertamina, di Jakarta, Selasa (16/08/2016).
Foto: Rengga Sancaya/Ilustrasi Universitas Pertamina Buka Jalur Masuk Tanpa Tes, Ini Syarat dan Cara Daftarnya
Jakarta - Universitas Pertamina membuka jalur masuk tanpa tes tulis. Artinya, para calon mahasiswa diseleksi berdasarkan nilai rapor selama duduk di bangku SMA.

Adapun, mata pelajaran yang dipertimbangkan dalam seleksi ini adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika dan Kimia untuk kelompok IPA, kemudian Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi dan Sosiologi untuk kelompok IPS, dan terakhir Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Sosiologi untuk kelompok IPC.

Adapun, program seleksi nilai rapor ini merupakan periode ke-4 atau terakhir. Sebelumnya, sudah ada periode 1, 2, dan 3 yang dibuka pada November-Maret kemarin.

Pendaftaran Universitas Pertamina Tanpa Tes:

  • Cara Daftar

Pendaftaran Universitas Pertamina jalur nilai rapor telah dibuka sejak 23 Maret hingga 30 April 2021. Bagi peserta yang berminat bisa melakukan pendaftaran di pendaftaran.universitaspertamina.ac.id.

Setelah melakukan pendaftaran, lakukan pengisian data diri. Waktu pengisian dibatasi dari tanggal 23 Maret hingga 1 Mei 2021 mendatang.

Sementara itu, pengumuman hasil seleksi Universitas Pertamina tanpa tes akan disampaikan H+7 setelah periode pendaftaran ditutup.

  • Syarat

- Siswa SMA/sederajat lulusan tahun 2020 dan 2021
- Nilai Rapor yang diseleksi adalah nilai rapor Semester 1-5
Peserta yang tidak melakukan pengisian data diri (registrasi online), maka dianggap mengundurkan diri dari seleksi.
- Melengkapi dokumen, sebagai berikut:

(a) Soft-file pas foto dengan ukuran <200Kb dan dalam format jpg, jpeg atau png. Pas foto merupakan foto formal dengan latar belakang merah atau biru.
(b) Kartu Keluarga
(c) Ijazah (bagi lulusan tahun 2020)
Soft-file scan nilai rapor semester 1-5 dalam format pdf dan dibuat dalam satu file (tidak terpisah-pisah per semester) dengan ukuran <2MB. Berkas nilai rapor harap dapat dibaca dengan jelas untuk memudahkan proses verifikasi berkas. Nilai Rapor yang diinput adalah nilai aspek "Pengetahuan" atau "Kognitif" dan Kelompok "Wajib".
(d) Slip gaji kedua orangtua dalam bentuk PDF dengan ukuran maksimal 2 MB. Jika tidak memiliki slip gaji dapat mengunduh Surat Keterangan Penghasilan.

  • Biaya Universitas Pertamina Tanpa Tes

Biaya pendaftaran Universitas Pertamina dipatok sebesar Rp 150.000 untuk kelompok ujian IPA/ IPS, dan Rp 200.000 untuk kelompok ujian IPC. Peserta dapat memilih 4 program studi yang ada di Universitas Pertamina, disesuaikan dengan kelompok ujian yang dipilih.

Selamat mencoba jalur masuk tanpa tes di Universitas Pertamina!



Simak Video "Saat yang Tepat Raih Masa Depan di Gunadarma"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia