Mendikbud Serahkan Soal Tes Sekolah Kedinasan & CPNS ke Tjahjo Kumolo

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 20 Apr 2021 15:15 WIB
Infografis Alur Penerimaan Sekolah Kedinasan 2021
Foto: Tim Infografis/Mendikbud Serahkan Soal Tes Sekolah Kedinasan & CPNS ke Tjahjo Kumolo
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadiem Makarim menyerahkan soal seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) Tjahjo Kumolo. Soal tersebut untuk calon siswa sekolah kedinasan, guru, dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Tahun ini, Kemdikbud dilibatkan dalam penyusunan naskah soal seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk proses seleksi CASN tahun 2021 dan soal seleksi kompetensi calon pegawai CPPPK tahun 2021.

Soal-soal yang telah disusun oleh tim penyusun naskah soal dari Kemdikbud diserahkan pada Panitia Seleksi Nasional Calon Aparatur Sipil Negara KemenpanRB tahun 2021.

Naskah soal diserahkan dalam bentuk dokumen digital terenkripsi untuk mencegah kebocoran dan menjamin keamanan.

"Sebagai instrumen penting dalam menjaring calon-calon ASN berkualitas, penyusunan soal dilakukan beberapa tahap, antara lain penyusunan kisi-kisi dengan memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan seleksi CASN dan kisi-kisi tahun 2019," jelas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim.

Nadiem mengatakan itu dalam siaran langsung serah terima soal seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan disiarkan di kanal YouTube Kemdikbud RI, Selasa (20/4/2021).

Nadiem menuturkan, proses ini melibatkan unsur KemenpanRB, Badan Kepegawaian Negara, Badan Nasional Penangulangan Terorisme, dan para pakar perguruan tinggi yang didampingi ahli konstruksi soal dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemendikbud.

Adapun tahapan selanjutnya yakni penyusunan soal seleksi CASN yang melibatkan penulis dari perguruan tinggi negeri Indonesia dengan pendampingan dan penjaminan mutu dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemendikbud sebagai ahli konstruksi soal.

Nadiem menambahkan, proses berikutnya adalah proses telaah bahasa oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa untuk memastikan soal yang disusun telah sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Naskah diserahkan pada Menteri PanRB selaku Ketua Tim Pengarah Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) untuk selanjutnya digunakan dalam proses pengadaan CASN tahun 2021 di lingkungan kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

"Dengan diserahkannya soal seleksi CASN ini, tim Panselnas selanjutnya akan melakukan proses pemasukan input ke dalam sistem CATBKN yang akan digunakan dalam proses seleksi nantinya," kata Menteri PanRB dan Ketua Tim Pengarah Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Tjahjo Kumolo.

Kerjasama dalam proses seleksi calon asn 2021 dapat berlangsung aman kompetitif, adil, objektif, transparan bersih dari praktik KKN dan tidak dipungut biaya.

Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) sendiri direncanakan mulan bulan April 2021.

Tahun ini, pemerintah membuka sekitar 1,3 juta formasi untuk pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), seperti dikutip dari laman resmi KemenpanRB.

Rekrutmen CASN akan diawali bagi sekolah kedinasan di bawah delapan instansi kementerian dan lembaga. Ke delapan instansi tersebut adalah Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pusat Statistik (BPS), serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Setelah itu dilanjutkan pembukaan pendaftaran guru PPPK, PPPK nonguru, dan CPNS yang direncanakan pada bulan Mei atau Juni 2021.

Bagi calon pelamar guru PPPK, akan diberikan kesempatan mengikuti tiga kali seleksi. Pertama direncanakan pada bulan Agustus, kedua pada bulan Oktober, dan ketiga akan dilaksanakan di bulan Desember.

Setelah proses seleksi dengan Computer Assisted Test (CAT) untuk menutup potensi kecurangan dan praktik calo. Sistem CAT memungkinkan hasil tes para peserta dapat langsung terlihat secara real time agar akuntabel dan transparan.

Peserta seleksi CASN seperti calon siswa sekolah kedinasan dan ASN yang lulus akan melanjutkan tahapan selanjutnya yakni pemberkasaan, hingga penetapan NIP oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Simak Video "Siap-siap! Pengumuman Formasi CPNS 2021 Akhir Maret"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia