Hasil UTBK Syarat SPMB PKN STAN 2021, Cek Nilai Minimal TPS

Trisna Wulandari - detikEdu
Rabu, 14 Apr 2021 14:45 WIB
Kampus PKN STAN
SPMB PKN STAN 2021 menggunakan nilai TPS UTBK. Ini penjelasan lengkapnya
Jakarta - Sekolah kedinasan Politeknik Keuangan Negara atau PKN STAN menambahkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat seleksi administratif Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru SPMB PKN STAN 2021.

Dalam siaran pers STAN nomor SP-01/BPPK/2021 disebutkan, tahapan SPMB PKN STAN tahun 2021 menggunakan hasil UTBK tahun 2021 yang dilaksanakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk meminimalkan dampak pandemi Covid-19.

Karena itu, syarat ini mengharuskan peserta yang berminat mengikuti SPMB PKN STAN 2021 untuk mengikuti UTBK tahun 2021.

Nilai UTBK yang akan dipakai adalah dari materi ujian Tes Potensi Skolastik (TPS) untuk semua kelompok ujian yaitu Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial Humaniora (Soshum), ataupun Campuran (Saintek dan Soshum).

"Dengan memperhatikan data historis nilai UTBK, passing grade di PTN terbaik lainnya, serta kebutuhan syarat kompetensi minimal untuk dapat mengikuti perkuliahan dengan baik di PKN STAN maka digunakan Nilai TPS UTBK sebagai salah satu syarat administrasi," kata Plt. Direktur PKN STAN Bambang Juli Istanto saat dihubungi detikEdu, Rabu (14/4).

Dalam Pengumuman Nomor PENG-40/PKN/2021 tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Diploma IV Politeknik Keuangan Negara STAN Tahun 2021 disebutkan, syarat pendaftaran nomor 5 yakni peserta pendaftaran harus memiliki nilai minimal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK sebesar 600 untuk peserta program reguler atau 400 untuk peserta program afirmasi.

Bambang menuturkan, dari sisi nilai TPS UTBK, seluruh peserta program reguler dengan nilai TPS UTBK sama atau di atas 600 dan program afirmasi sama atau di atas 400 dapat dinyatakan lolos dan lanjut ke seleksi SKD, jika juga lolos pada syarat-syarat administrasi SPMB PKN STAN 2021 lainnya yang berlaku.

"Tidak ada persentase sekian persen untuk kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran. Tidak ada batas nilai tertentu (atau passing grade) dalam masing-masing kelompok ujian. Tidak ada sistem sistem ranking sekian besar untuk masing-masing kelompok ujian. Tidak digunakan sistem ranking," jelas Bambang.

Adapun program reguler SPMB PKN STAN adalah program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah di Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi atau kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, kementerian atau lembaga lainnya, atau pemerintah daerah.

Sementara program afirmasi SPMB PKN STAN adalah program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi atau kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan.

Pengumuman resmi SPMB PKN STAN 2021 diterbitkan bersamaan dengan pengumuman Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan tahun 2021 yang dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB).

Pengumuman resmi SPMB PKN STAN tahun 2021 ini dapat diakses melalui website Kementerian Keuangan www.kemenkeu.go.id.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mengatakan, UTBK sebagai syarat administratif menjadi penyaringan ganda pada SPMB PKN STAN.

"Jadi penyaringan yang pertama itu melalui UTBK tadi, nanti kemudian akan diambil katakanlah 10 terbaik dari formasi misalnya, saya ambil contoh saja diambil 10, saya belum tahu persisnya," kata Suharmen dalam konferensi pers virtual Pembukaan Registrasi Sekolah Kedinasan 2021 yang disiarkan melalui kanal YouTube BKN (8/4).

"Nanti setelah itu baru kemudian dari katakanlah 10 formasi tadi, 10 terbaik tadi, itulah yang kemudian diikutkan untuk seleksi SKD. Jadi, ada two steps selection untuk di dalam SKD-nya," tambah Suharmen.

Suharmen mengatakan, dengan dua tahap seleksi di SPBM PKN STAN 2021, kompetisinya akan lebih keras bagi para peserta yang mendaftar seleksi masuk STAN. "Siapkan diri Anda sebaik-baiknya karena ada dua kali penyaringan yang akan dilakukan," kata Suharmen.

(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia