Hasil SPAN-PTKIN 2021 Diumumkan, Cek di pengumuman.span-ptkin.ac.id

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 13 Apr 2021 11:30 WIB
SPAN PTKIN 2021
Hasil SPAN PTKIN 2021 telah diumumkan. (Foto: SPAN PTKIN 2021)
Jakarta - Hasil Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau SPAN PTKIN 2021 telah diumumkan sejak Senin, 12 April 2021.

Ketua Panitia SPAN-PTKIN, Mahmud, mengatakan SPAN-PTKIN 2021 ini diikuti oleh 182.890 siswa dari 11.920 sekolah yang mendaftar. "Hasil seleksi SPAN-PTKIN diumumkan secara serentak pada tanggal 12 April 2021 jam 13.00 WIB," ujar Mahmud di Jakarta, Jumat (9/4) lalu seperti yang dikutip dari situs Kementerian Agama.

Mahmud menyatakan peserta dapat mengecek kelulusan pada laman https://pengumuman.span-ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor pendaftaran.

Berikut cara melihat kelulusan di pengumuman SPAN-PTKIN 2021:

1. Buka laman pengumuman.span-ptkin.ac.id dari peramban

2. Masukkan nomor pendaftaran di kolom No. Pencarian

3. Klik Lihat Hasil

SPAN PTKIN 2021 adalah seleksi nasional yang dilaksanakan UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan serentak. Sistem dilaksanakan Panitia Pelaksana yang ditetapkan Menteri Agama, dengan biaya pelaksanaan ditanggung pemerintah

Pendaftaran SPAN-PTKIN 2021 dibuka sejak 19 Februari 2021. Jalur SPAN-PTKIN dilakukan berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis. Seluruh peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Rapat kelulusan SPAN-PTKIN dihadiri para Rektor/Ketua dan Wakil Rektor/wakil Ketua PTKIN. Rapat ini merupakan proses verifikasi akhir sebelum diumumkan secara serentak.

Hadir juga dalam rapat kelulusan ini, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani, Ketua Forum Rektor PTKIN Babun Suharto, Bendahara SPAN-PTKIN Moh. Mukri, serta Tim Pokja SPAN-UM PTKIN 2021.

Ali Ramdhani mengatakan, PTKI perlu memikirkan kembali untuk menghadirkan pilihan program studi yang pangsa pasarnya sudah jelas.

"PTKI harus memikirkan keterampilan atau keahlian peserta didik agar dapat berkembang dan memenuhi permintaan pasar. Pendidikan vokasi bisa kita jadikan opsi untuk meluaskan jangkauan keilmuan," kata Ali.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Agama, untuk SPAN-PTKIN 2021 calon mahasiswa dapat memilih prodi dari UIN, IAIN, STAIN, dan UNSIKA.

(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia