Ingat! Curang di UTBK SBMPTN 2021 Langsung Didiskualifikasi

Puti Yasmin - detikEdu
Minggu, 11 Apr 2021 19:00 WIB
Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Foto: Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)/Ingat! Curang di UTBK SBMPTN 2021 Langsung Didiskualifikasi
Jakarta - Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 akan dimulai pada Senin (12/4/2021) besok. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) selaku pelaksana akan langsung melakukan diskualifikasi bagi peserta yang ketahuan dan terbukti melakukan kecurangan.

Hal itu disampaikan oleh oleh Ketua LTMPT Mohammad Nasih. Menurutnya, kecurangan yang dilakukan peserta ujian langsung akan didiskualifikasi, termasuk memotret dan menyalin soal.

"Digugurkan, termasuk yang memfoto dan menyalin soal," ungkap Rektor Universitas Airlangga, Surabaya ini saat dihubungi detikEdu, Minggu (11/4/2021).

Senada dengan itu, Ketua Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto menjelaskan bahwa peserta yang melakukan kecurangan akan dicatat terlebih dahulu tingkat kesalahannya. Namun, LTMPT tidak mentoleransi sedikit pun kecurangan sehingga akan melakukan diskualifikasi.

"Ya nanti akan dicatat dulu tingkat kecurangan yg dilakukan. Intinya kami tidak akan memberi toleransi sedikit pun bagi peserta yang melakukan kecurangan. Ya diskualifikasi," terang pria yang juga guru besar di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta ini.

Sebagai informasi, ada tahapan yang harus dilakukan peserta saat sampai di lokasi ujian UTBK SBMPTN 2021, yakni sebagai berikut

1. Segera siapkan dokumen di atas meja untuk diverifikasi oleh pengawas. Benda lain yang tidak diperlukan harus masuk ke dalam tas dan diletakkan di tempat yang sudah disiapkan.

2. Ikuti instruksi pengawas, seperti kapan harus log in, latihan soal, dan patuhi tata tertib ujian UTBK SBMPTN 2021.

3. Setelah masuk ruang ujian, dilarang berbicara dengan peserta lain, dengan alasan apapun.

4. Kerjakan ujian sesuai dengan petunjuk dan tetap mengikuti Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19. Jadi, tetap menggunakan masker ya!

5. Sebelum waktu ujian selesai, tidak diperkenankan ke luar ruangan.

Selamat berjuang di UTBK SBMPTN 2021!

Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia