Besok UTBK SBMPTN 2021 Dimulai! Ini Tips dan Trik dari Ketua LTMPT

Puti Yasmin - detikEdu
Minggu, 11 Apr 2021 18:32 WIB
Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Foto: Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)/Besok UTBK SBMPTN 2021 Dimulai! Ini Tips dan Trik dari Ketua LTMPT
Jakarta - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2021 Gelombang I akan berlangsung pada Senin (14/4/2021) besok. Ketua LTMPT selaku pelaksana pun memberikan tips dan trik kepada para peserta ujian. Apa saja?

Menurut Ketua Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo, langkah pertama yang harus disiapkan para peserta adalah memahami dan mengikuti protokol kesehatan COVID-19 saat dan setelah ujian UTBK SBMPTN 2021 selesai.

Peserta juga diminta untuk membawa semua dokumen yang alat yang diperbolehkan dalam pelaksanaan UTBK.

"Semoga adik-adik sudah membaca prokes COVID-19 untuk mengikuti UTBK 2021 mulai dari persiapan, saat melaksanakan ujian dan pulang setelah mengikuti UTBK. Jangan lupa membawa dokumen dan alat yang dipersyaratkan mengikuti UTBK," ungkap dia kepada detikEdu, Minggu (11/4/2021).

Lebih lanjut, pria yang juga merupakan guru besar di UGM ini mengatakan agar para peserta menjaga kesehatan fisiknya. Tidak lupa, membawa dokumen bebas COVID-19 untuk peserta yang pusat UTBK-nya mewajibkan surat tersebut.

"Semoga adik-adik sehat pada waktu mengikuti UTBK sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh pusat UTBK atas rekomendasi Satgas Covid daerah. Bagi adik-adik yang mengikuti UTBK di pusat-pusat UTBK yang mensyaratkan dokumen bebas covid 19 (tes PCR atau tes antigen) jangan lupa dibawa untuk ditujukan kepada panitia pusat UTBK tujuan," sambungnya.

Tips terakhir, kata Budi, peserta harus menaati ketentuan panitia UTBK SBMPTN 2021 serta menggunakan pakaian yang sapi dan sopan. "Mengikuti ujian UTBK secara baik dan menaati ketentuan panitia. Memakai pakaian yang rapi dan sopan serta memakai sepatu," jelas Budi.

Senada dengan itu, Ketua LTMPT Mohammad Nasih memaparkan tips dan trik peserta ujian UTBK SBMPTN 2021. Pertama, peserta harus menjaga kesehatan dan kebugaran selama ujian berlangsung.

Mereka juga diminta untuk menyiapkan terlebih dahulu dokumen yang diperlukan saat ujian nanti. Kemudian, peserta juga diingatkan agar datang lebih awal agar tidak terlambat mengikuti ujian.

Terakhir, Nasih ingatkan agar para peserta berusaha semaksimal mungkin dalam mengerjakan ujian serta fokus. Ia meminta agar peserta berdoa terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal.

"Fokus dan berusaha maksimal. Jangan lupa berdoa," tutup dia.

Selamat berjuang di UTBK SBMPTN 2021!

Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia