UTBK-SBMPTN 2021 di UI? Cek di Sini Tata Cara Pelaksanaannya

Anastasia Anjani - detikEdu
Sabtu, 10 Apr 2021 15:12 WIB
Ilustrasi Kampus UI, Depok
Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO/UTBK-SBMPTN 2021 di UI? Cek di Sini Tata Cara Pelaksanaannya
Jakarta - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dimulai. UTBK-SBMPTN gelombang pertama ini akan dilaksanakan pada 12-18 April 2021 di Universitas Indonesia (UI) dan 73 tempat pusat UTBK lainnya.

UI mengeluarkan rilis pada Kamis (8/4) yang membahas tata cara pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021 di UI. Berikut adalah penjelasannya.

Dalam mengikuti UTBK SBMPTN 2021 , peserta harus memperhatikan hal berikut ini:

1. Membawa fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi atau Surat Keterangan Lulus asli yang ditandatangani kepala sekolah atau Surat keterangan kelas 12 dari sekolah yang berisi nama siswa, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

2. Foto terbaru berwarna yang ditandatangani oleh kepala sekolah dan distempel/cap dari sekolah mengena di foto.

3. Kartu tanda peserta ujian.

4. Kartu identitas (KTP/SIM/kartu pelajar/paspor/KK).

UTBK SBMPTN 2021 ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan. Di UI pelaksanaanya merujuk pada rekomendasi Satgas Covid-19 Kota Depok yaitu:

1. Peserta ujian harus dalam keadaan sehat, tidak mengalami gejala penyakit (khususnya gejala Infeksi Saluran Pernafasan Akut seperti batuk, pilek, demam, dan gangguan bernafas).

2. Peserta wajib mengenakan masker kesehatan (bukan masker kain).

3. Hasil pemeriksaan suhu tubuh peserta sebelum memasuki tempat ujian <= 37.3°C.

4. Sebelum memasuki ruang ujian peserta disarankan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer yang sudah disediakan panitia atau membawa hand sanitizer pribadi.

5. Selama berada di dalam lingkungan Kampus UI Depok disarankan menjaga jarak dari peserta lain atau orang lain minimal 1,5 meter.

6. Tidak berkerumun sebelum maupun sesudah ujian.

Selanjutnya Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyarankan agar peserta UTBK-SBMPTN 2021 untuk melakukan hal berikut sebelum ujian:

1. Agar selalu menjaga kesehatan dan disarankan untuk stay at home!

2. Diharuskan untuk mencari informasi lokasi ujian dan syarat mengikuti UTBK melalui laman Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yaitu Pusat UTBK pilihan. Hal ini perlu dilakukan karena ada beberapa Pusat UTBK yang tidak memperkenankan peserta untuk melakukan cek lokasi secara langsung.

3. Jika masih ingin tetap melihat lokasi Gedung yang digunakan pada ujian nanti saat H-1 agar tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19, yaitu gunakan masker dan tetap jaga jarak!

4. Membuat perkiraan waktu tempuh dari rumah atau lokasi asal ke lokasi ujian. Jika peserta ingin meninjau lokasi ujian, panitia Pusat UTBK UI menyarankan untuk mengecek dengan cara menggunakan tautan s.id/petautbkui2021, lalu pilih lokasi UTBK, selanjutnya perhitungkan waktu tempuh dari lokasi rumah peserta ke lokasi Pusat UTBK UI (perbedaan waktu perjalanan memungkinkan terdapat perbedaan waktu tempuh).

Tahun 2021, UI menerima mahasiswa baru S1 Reguler melalui tiga jalur penerimaan yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) berkuota 20%, UTBK-SBMPTN berkuota 30%, dan Seleksi Masuk (SIMAK) UI yaitu ujian mandiri masuk UI dengan kuota 50%.

Adapun mahasiswa yang belum berhasil lulus SNMPTN 2021 dapat mendaftar dan mengikuti seleksi SIMAK UI dengan periode pendaftaran 3 Mei - 9 Juni 2021. Info lebih lanjut dapat dicek di website resmi UI yaitu penerimaan.ui.ac.id.

Itu tadi adalah penjelasan tata cara pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021 di UI yang harus diperhatikan. Semoga berhasil melaksanakan UTBK-SBMPTN 2021 Pejuang SBMPTN!



Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia