Daftar Sekolah Kedinasan Boleh Berkacamata? Ini Aturannya

Rosmha Widiyani - detikEdu
Sabtu, 10 Apr 2021 16:00 WIB
Logo STAN
Foto: istimewa/Daftar Sekolah Kedinasan Boleh Berkacamata? Ini Aturannya
Jakarta - Pendaftaran sekolah kedinasan tahun ajaran 2021 sudah bisa diakses mulai Jumat (9/4/2021). Peserta hanya bisa memilih satu sekolah kedinasan yang berafiliasi dengan kementerian atau lembaga tertentu.

Peserta bisa memilih sekolah kedinasan dengan mempertimbangkan syarat yang ditetapkan, misal penggunaan kacamata. Sekolah kedinasan ada yang melarang, membolehkan, dan menetapkan aturan lain tentang penggunaan kacamata.

Berikut aturan penggunaan kacamata pada pendaftaran sekolah kedinasan 2021:

A. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

  • Sekolah kedinasan yang dinaungi Badan Intelijen Negara (BIN) ini, membolehkan penggunaan kacamata tanpa syarat tertentu.

B. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

  • STMKG menetapkan, mahasiswa dapat berkacamata dengan lensa spheris maksimal minus (-) 4D dan lensa silindris maksimal minus (-) 2D serta bersedia melakukan pengobatan lasik dengan biaya sendiri bila lulus seleksi.

C. Politeknik Statistika STIS

  • Sekolah kedinasan yang berafiliasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) ini, membolehkan penggunaan kacamata/lensa kontak minus dan/atau plus dengan ukuran kurang dari 6 dioptri.

D. Politeknik SSN atau Siber dan Sandi Negara

  • Sekolah yang berafiliasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) ini, menerapkan toleransi penggunaan kacamata tanpa syarat tertentu.

E. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

  • IPDN tidak membolehkan penggunaan kacamata dan/atau lensa kontak dalam berbagai bentuk dan ukuran.

F. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Keimigrasian (Poltekim)

  • Poltekip dan Poltekim yang berafiliasi dengan Kemenkum HAM melarang penggunaan kacamata dan/atau softlens dengan berbagai ukuran serta bentuk.

G. Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN)

  • Dalam pengumuman nomor PENG-40/PKN/2021 tentang SPMB PKN STAN 2021 program D IV, sekolah kedinasan yang berafiliasi dengan Kementerian Keuangan ini tidak menyebutkan pelarangan penggunaan kacamata dan/atau lensa kontak.

H. Sekolah kedinasan yang dinaungi Kementerian Perhubungan

  • Sekolah yang berafiliasi dengan Kemenhub menetapkan syarat ketajaman penglihatan normal, serta tidak ada kelainan buta warna total atau parsial.

Aturan penggunaan kacamata dan/atau lensa kontak ini tentunya harus dipenuhi peserta. Kepatuhan meningkatkan peluang lolos peserta seleksi dan pendaftaran sekolah kedinasan 2021.

Simak Video "Catat! 7 Larangan Buat ASN Terkait HTI-FPI"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia