Jelang Pendaftaran SNMPTN 2021, Panduan Cara Mengisi PDSS

Rosmha Widiyani - detikEdu
Kamis, 04 Feb 2021 15:47 WIB
Cara daftar akun LTMPT
Foto: LTMPT/Jelang Pendaftaran SNMPTN 2021, Panduan Cara Mengisi PDSS
Jakarta - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2021 segera berlangsung pada 15-24 Februari 2021. Dengan jadwal yang makin dekat, siswa dan sekolah yang ingin ikut SNMPTN 2021 wajib segera menyelesaikan syarat sesuai aturan LTMPT.

"Ingat finalisasi data sekolah, siswa eligible, dan PDSS ditutup 8 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. Panduan Pengisian PDSS 2021 dan Penambahan Fitur Pembatalan Finalisasi dapat diunduh pada laman ltmpt.ac.id pada menu Unduhan," tulis LTMPT melalui akun Instagramnya ltmptofficial.

Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) hanya memuat informasi siswa eligible yang akan mengikuti SNMPTN 2021. Siswa eligible adalah murid kelas 12 yang ditunjuk sekolah untuk mengikuti seleksi masuk PTN. Sekolah memiliki wewenang seutuhnya pada penunjukan siswa eligible.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengupload panduan mengisi PDSS bagi sekolah. Sebelum mengisi dan menyelesaikan PDSS, LTMPT mengingatkan sekolah untuk menetapkan lebih dulu siswa yang akan berkompetisi dalam SNMPTN 2021.

Berikut cara mengisi PDSS untuk SNMPTN 2021:

1. Klik alamat https://pdss.ltmpt.ac.id menggunakan akun yang terdaftar dalam laman LTMPT

2. Sekolah harus menyelesaikan tahap penetapan siswa eligible lebih dulu di https://www.ltmpt.ac.id/ atau melalui tautan https://www.ltmpt.ac.id/?mid=11

3. Selanjutnya, sekolah mengisikan jenis studi per siswa per jurusan

4. Tahap berikutnya adalah mendefinisikan kurikulum tiap semester tingkat sejumlah, dengan total semester yang ditempuh dikurangi satu semester berjalan

5. Sekolah juga harus mendefinisikan mata pelajaran tiap semester tingkat

6. Kemudian, finalisasi data kurikulum dan mengisi nilai tiap siswa per semester tingkat dengan mata pelajaran yang telah ditentukan sebelumnya

7. Tahap terakhir adalah finalisasi data nilai yang harus dilakukan teliti dan hati-hati. Finalisasi data nilai yang belum dilakukan memberi peluang pembatalan finalisasi data sekolah, siswa eligible, dan kurikulum.

PDSS adalah basis data berisi rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa eligible. Sistem PDSS mengakomodasi Kurikulum Nasional 2006 KTSP dan Kurikulum 2013 yang menggunakan sistem paket dan SKS.

Sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional tidak diperbolehkan mendaftar PDSS. Pengisian PDSS dilakukan sekolah dengan kebenaran data menjadi tanggung jawab kepala sekolah. (row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia