PPDB Jateng SMA/SMK 2022 Ditutup Besok, Ini Ketentuan dan Cara Daftarnya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 30 Jun 2022 18:30 WIB
Proses PPDB di SMAN 5 Semarang, Senin (20/6/2022).
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom/PPDB Jateng SMA/SMK 2022 Ditutup Besok, Ini Ketentuan dan Cara Daftarnya
Jakarta -

PPDB Jateng 2022 tingkat SMA/SMK negeri telah dibuka mulai Rabu, 29 Juni 2022 dan berakhir Jumat (1/7/2022) besok. Pendaftaran PPDB Jateng 2022 dilakukan pada laman https://ppdb.jatengprov.go.id.

Sebelum melakukan pendaftaran, Calon Peserta Didik Baru (CPDB) harus melakukan pengajuan dan aktivasi akun serta verifikasi berkas yang dilaksanakan pada jam kerja di Satuan Pendidikan SMA/SMK Negeri tujuan.

Bagi CPDB yang ingin mendaftar PPDB Jateng 2022, berikut ini ketentuan dan cara daftarnya.

Ketentuan PPDB Jateng SMA/SMK Negeri

SMA Negeri

1. Calon Peserta Didik memiliki hak melakukan pendaftaran pada 2 (dua) Satuan Pendidikan pilihannya dengan ketentuan 1 (satu) Satuan Pendidikan di dalam wilayah zonasinya, dan 1 (satu) Satuan Pendidikan di luar wilayah zonasinya, dengan ketentuan:

- Calon Peserta Didik SMA Negeri dapat mendaftarkan diri pada 1 (satu) Satuan Pendidikan melalui jalur zonasi, dan 1 (satu) Satuan Pendidikan di luar zonasi pada jalur prestasi/afirmasi.

- Calon Peserta Didik yang mendaftar melalui jalur prestasi di dalam wilayah zonasi, tidak dapat melakukan pendaftaran melalui jalur zonasi, dan dapat mendaftar melalui jalur afirmasi di luar wilayah zonasi apabila memenuhi persyaratan pada jalur afirmasi.

2. Calon Peserta Didik SMA Negeri dapat mengubah pilihan Satuan Pendidikan dan jalur selama masa pendaftaran, kecuali Jalur Perpindahan Orang Tua/Wali.

SMK Negeri

1. Calon Peserta Didik SMK dapat mendaftarkan diri pada 3 (tiga) pilihan kompetensi keahlian pada sebanyak-banyaknya 2 (dua) Satuan Pendidikan

2. Calon Peserta Didik SMK Negeri dapat mengubah pilihan kompetensi keahlian dan/atau Satuan Pendidikan selama masa pendaftaran.

Cara Daftar PPDB Jateng SMA/SMK Negeri

1. Membuka situs PPDB Daring dengan alamat https://ppdb.jatengprov.go.id.

2. Menginput data pribadi sesuai alur dalam sistem aplikasi PPDB.

3. Melakukan verifikasi berkas pendaftaran secara luring pada Satuan Pendidikan yang dipilih dengan membawa berkas sesuai persyaratan

4. Berkas-berkas pendaftaran diverifikasi oleh Satuan Pendidikan Negeri terdekat dan apabila berkas dimaksud telah sesuai dengan ketentuan, maka Calon Peserta Didik akan memperoleh Token untuk melakukan pendaftaran, sedangkan yang belum memenuhi syarat wajib memperbaiki/memenuhi persyaratan yang diperlukan.

5. Calon Peserta Didik yang telah melakukan pendaftaran secara daring akan memperoleh nomor pendaftaran.

6. Jurnal dan hasil seleksi dapat dilihat pada sistem aplikasi PPDB dengan nomor pendaftaran peserta PPDB.

Informasi lengkap terkait PPDB Jateng SMA/SMK 2022 bisa cek di laman https://ppdb.jatengprov.go.id/. Semoga berhasil ya detikers!



Simak Video "Duh... SDN di Kulon Progo Nggak Dapat Murid Baru di PPDB Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia