Tak Sekadar Hiburan, 5 Channel YouTube Ini Bisa Bantu Anak Belajar

Kristina - detikEdu
Kamis, 09 Des 2021 18:00 WIB
Asian kindergarten school girl with mother video conference e-learning with teacher on laptop in living room at home. Homeschooling and distance learning ,online ,education and internet.
Foto: Getty Images/iStockphoto/ake1150sb
Jakarta - Perkembangan teknologi informasi memudahkan anak dalam mengakses sarana pembelajaran. Saat ini belajar dapat dilakukan melalui media daring berbasis video seperti YouTube.

YouTube merupakan situs video sharing yang didirikan oleh Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim pada tahun 2005 silam. Ketiganya merupakan mantan karyawan perusahaan e-commerce Amerika, PayPal. Setahun kemudian, perusahaan teknologi, Google, resmi membeli YouTube.

YouTube didesain untuk berbagi konten audio visual atau video yang dapat diakses secara gratis oleh semua masyarakat. Dirangkum dari detikInet, awalnya YouTube diciptakan sebagai platform pencarian teman kencan berbasis video. Mereka (para pendiri YouTube) terinspirasi dari acara 'Hot or Not'.

Namun, konsep tersebut tidak bertahan lama. Pada Juni 2005, YouTube kemudian dijadikan sebagai platform video yang lebih terbuka, tidak hanya video pencarian teman kencan. Kini, YouTube menyediakan berbagai kategori video mulai dari olahraga, musik, games, film, hingga berita.

Selain sebagai salah satu media hiburan, YouTube juga menjadi media edukasi. Beberapa channel YouTube menampilkan konten-konten yang bermanfaat untuk melatih kemampuan motorik dan pengembangan kreativitas pada anak.

5 Channel YouTube Edukasi

Berikut channel YouTube yang dapat dijadikan sarana edukasi bagi anak-anak:

1. Pinkfong! Kids' Songs & Stories

Pinkfong! Kids' Songs & Stories merupakan channel yang menampilkan video-video lucu disertai lagu anak-anak dengan irama yang menyenangkan. Konten yang dibagikan dapat membantu perkembangan motorik anak melalui bernyanyi dan bergerak sesuai irama lagu.

2. Nussa Official

Nussa Official menayangkan video yang berisi percakapan yang dekat dengan keseharian anak-anak. Nussa sendiri merupakan sebuah serial animasi Indonesia yang diproduksi oleh studio animasi The Little Giantz dan 4Stripe Productions.

Tiga channel YouTube yang dapat membantu belajar anak lainnya bisa di baca DI SINI ya, detikers!

Simak Video "Konten Pengetahuan di YouTube Makin Diminati Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia