Tanamkan Sejak Dini, Siswa SMP di Kudus Ikuti Lomba Poster Anti Korupsi

Dian Utoro Aji - detikEdu
Kamis, 09 Des 2021 15:00 WIB
Siswa SMP Kanisius Kudus mengikuti lomba poster peringati hari anti korupsi, Kamis (9/12/2021).
Foto: Dian Untoro Aji / detikcom
Kudus -

Belasan siswa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mengikuti lomba poster tentang anti korupsi. Hal ini bertujuan untuk menanamkan jiwa-jiwa anti korupsi sejak dini.

Pantauan di lokasi belasan siswa SMP Kanisius Kabupaten Kudus mengikuti lomba poster, Kamis (9/12). Kegiatan ini bertepatan dengan hari Anti Korupsi Sedunia yang diperingati setiap tanggal 9 Desember.

Belasan anak sekolah menengah pertama itu antusias mengikuti perlombaan poster anti korupsi tersebut. Salah satunya adalah Yohanes Leon Olivier siswa kelas 7C. Leon sapaannya tampak tengah fokus menggoreskan pensil di sebuah lembar kertas putih.

Siswa SMP Kanisius Kudus mengikuti lomba poster peringati hari anti korupsi, Kamis (9/12/2021).Siswa SMP Kanisius Kudus mengikuti lomba poster peringati hari anti korupsi, Kamis (9/12/2021). Foto: Dian Untoro Aji / detikcom

Goresan-goresan menjadi sebuah poster tentang anti korupsi. Leon membuat poster bertemakan tentang tantang korupsi sampai mati. Dia mengaku sudah memiliki hobi menggambar, sehingga tidak ada kendala saat membuat poster tersebut.

"Ini gambar tentang anti korupsi. Seneng gambar, karena sejak kecil sudah ikut lomba gambar. Ini gambar tentang korupsi tantang sampai mati," kata Leon ditemui di SMP Kanisius Kudus, Kamis (9/12/2021).

Senada dirasakan oleh siswa kelas 9C, Christopher Ryan. Ryan sapaannya tengah fokus membuat poster tentang anti korupsi. Dia membuat poster yang menggambar seorang yang tengah di penjara karena menerima suap.

"Semoga Indonesia kedepan memberantas orang-orang yang tidak jujur seperti koruptor," kata Ryan ditemui di lokasi siang tadi.

Kesempatan yang sama Kepala SMP Kanisius Kudus, Heri Kristanto mengatakan di momen hari Anti Korupsi Sedunia hari ini sekolahnya mengadakan perlombaan poster tentang anti korupsi. Tujuannya untuk mengingatkan kembali kepada para siswa untuk menjadi generasi yang anti korupsi.

"Tujuannya pertama mengingatkan kembali bahwa anak-anak SMPK (SMP Kanisius Kudus) disiapkan anak-anak untuk generasi anti korupsi. Yang kedua kita menunjukan bahwa meski masa pandemi kita tetap bergerak untuk membentuk karakter anak-anak sebagai generasi anti korupsi," kata Heri kepada wartawan ditemui di SMP Kanisius Kudus siang ini.

Menurutnya perlombaan ini dilakukan karena masih masa pandemi. Siswa yang mengikuti pun dibatasi hanya 18 orang. Terdiri dari dua orang setiap kelasnya. Poster yang terbaik akan meraih hadiah dari pihak sekolah.

Siswa SMP Kanisius Kudus mengikuti lomba poster peringati hari anti korupsi, Kamis (9/12/2021).Siswa SMP Kanisius Kudus mengikuti lomba poster peringati hari anti korupsi, Kamis (9/12/2021). Foto: Dian Untoro Aji / detikcom

"Lomba poster ini pertama, karena yang paling bisa dilakukan, kalau dulu membuat lomba permainan anti korupsi, tapi karena masih masa pandemi berkaitan dengan protokol kesehatan maka tahun ini kita buat lomba yang sifatnya individu. Oleh karena itu kita membuat lomba poster. Temanya ini tentang bagaimana pendidikan anti korupsi di masa pandemi," ujar Heri.

Heri berharap melalui kegiatan ini dapat memunculkan generasi masa depan menjadi pemimpin yang anti korupsi. seorang pemimpin itu landasannya adalah karakter anti korupsi," harap dia.



Simak Video "Komunitas Masyarakat Tolak Pemindahan Ibu Kota, Sebut Akan Rusak Ekologi Kaltim! "
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia