PPKM Level 3 Nataru Batal, Nasib Libur Akhir Semester Ganjil Bagaimana?

Kristina - detikEdu
Selasa, 07 Des 2021 18:30 WIB
PPKM Level 3 Kapan Berlaku di Akhir Tahun? Ini Penjelasannya
Foto: Infografis detikcom/Fuad Hasim
Jakarta - Kebijakan pemberlakuan PPKM level 3 di seluruh wilayah Indonesia saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 dibatalkan. Keputusan tersebut disampaikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dalam keterangan tertulis, Senin (6/12/2021) kemarin.

Kebijakan terbaru ini dilatarbelakangi oleh kondisi kasus COVID-19 yang mengalami tren penurunan kasus aktif dan kasus harian yang stabil di bawah angka 400 kasus. Selain itu, berdasarkan asesmen per 4 Desember 2021, hanya 9,4 persen dari total kabupaten/kota di Jawa Bali yang tersisa di level 3 atau 12 kabupaten/kota saja.

Lebih lanjut, percepatan vaksinasi dan perkuatan testing, tracing, dan treatment (3T) juga menjadi pertimbangan batalnya kebijakan PPKM level 3.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, kebijakan PPKM di masa Nataru akan dibuat lebih seimbang. Meski demikian, syarat perjalanan akan tetap diperketat.

"Kebijakan PPKM di masa Nataru (Natal dan Tahun Baru) akan dibuat lebih seimbang dengan disertai aktivitas testing dan tracing yang tetap digencarkan," ucap Menko Luhut dalam siaran persnya.

Lantas, bagaimana nasib libur semester ganjil anak sekolah?

Dalam keterangan tertulis yang berjudul 'Penanganan Pandemi Makin Terkendali, Pemerintah Seimbangkan Aturan Menjelang Nataru' tersebut, pemerintah memutuskan untuk tidak menerapkan perlakuan yang sama di seluruh wilayah Indonesia jelang libur Nataru 2022.

Sebagai tindak lanjutnya, pemerintah rencananya akan mengeluarkan revisi Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) dan surat edaran (SE) terkait.

Merujuk pada SE terakhir yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), yakni SE Nomor 29 Tahun 2021 tertanggal 1 Desember 2021 lalu, libur anak sekolah pada Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 akan ditiadakan. Pembagian rapor semester ganjil akan dilaksanakan pada bulan Januari 2022.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta, Didik Wardaya menjelaskan, dengan adanya perubahan PPKM Level 3 Nataru, tentu akan ada perubahan kebijakan terkait libur sekolah.

"Kebijakan terima rapor pada Januari pun bisa kembali seperti semula pada Desember ini. Tapi, bagaimana (dengan) kebijakan pusat, yang jelas kami siap melaksanakan," kata Didik kepada wartawan, Selasa (7/12/2021).

Didik menambahkan, jika kebijakan kembali seperti semula, otomatis akan ada libur semester. "Tapi (anak-anak) harus di rumah. Tidak boleh melakukan mobilitas. Itu yang paling (penting). (Meski) Ada PPKM Level 3 Nataru atau tidak," katanya.

Simak Video "Jelang Nataru, Reservasi Hotel Alami Peningkatan"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia