Tanggapan MI Mumtaza Terkait Libur Nataru dan Akhir Semester Ganjil 2021/2022

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 04 Des 2021 20:53 WIB
Siswa-Siswi kelas 5 menjalani ujian penilaian akhir sekolah di SD Negeri Kota Baru 2 dan 3, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (7/6/2021). Ujian ini dilaksanakan secara tatap muka dengan menerapakan protokol kesehatan yang ketat dan membagi beberapa sesi kelas untuk ujian. Satu kelas terdiri dari 15 anak. Ujian ini berlangsung hingga 12 Juni 2021. Hanya kelas 4 dan 5 yang melakukan ujian tatap muka kelas lainnya laksanakan ujian secara daring.
Sejumlah daerah meniadakan libur Nataru dan akhir semester ganjil 2021/2022 pasca Inmendagri dan SE Kemendikbudristek. Bagaimana di MI Mumtaza Islamic School? Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Sejumlah daerah meniadakan libur Nataru dan libur akhir semester ganjil 2021/2022 sebagai respons surat edaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Apakah daerah kamu salah satunya?

Sebelumnya, Kemendikbudristek meminta gubernur, bupati/walikota, kepala lembaga layanan pendidikan tinggi, dan pemimpin perguruan tinggi negeri untuk untuk meniadakan hari libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) di sekolah dan perguruan tinggi.

SE No 29 Tahun 2021 tertanggal 1 Desember tersebut mengatur peniadaan libur bagi siswa dan mahasiswa, penundaan pembagian rapor, hingga peniadaan cuti bagi pendidik dan tenaga kependidikan ASN di periode Nataru 2021/2022.

"Tidak meliburkan secara khusus kegiatan pendidikan di satuan pendidikan selama periode Nataru pada tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022," bunyi poin 2 SE Kemendikbudristek No 29 Tahun 2021.

Kepala Sekolah MI Mumtaza Islamic School, Pamulang, Tangerang Selatan, Khalimi, M.Pd menuturkan, sebagai madrasah, penerapan libur Nataru dan libur akhir semester 2021/2022 di Mumtaza mengacu pada edaran dari Kementerian Agama Provinsi Banten.

Ia menjelaskan, sebelum surat edaran Kementerian Agama Provinsi Banten diterima pada 1 Desember 2021, sekolahnya telah mengedarkan surat pemberitahuan terkait libur Nataru dan libur akhir semester 2021/2022 pada 29 November 2021.

Pada surat pemberitahuan awal ini, libur para siswa dijadwalkan pada 20 Desember 2021-4 Januari 2021. Sementara itu, pembagian rapor direncanakan berlangsung dengan sistem drive thru pada tanggal 18-19 Desember 2021.

"Setelah menerima edaran dari Kemenag Banten, kami pun mempersiapkan revisi surat pemberitahuan yang kami sudah edarkan di internal sekolah. Jadi prinsipnya, kami juga akan mengacu ke surat edaran dari pemerintah," tegas Khalimi, Sabtu (4/12/2021).

Khalimi mengakui, surat pemberitahuan terbaru tentang perubahan jadwal libur Nataru dan libur semester di Mumtaza, memang belum disosialisasikan ke orang tua murid. Rencananya informasi itu akan diumumkan pada Senin atau Selasa (7/12/2021), setelah rapat pimpinan pada Senin pagi.

"Prinsipnya kami tetap men-support surat edaran yang dikeluarkan pemerintah. Meskipun sifatnya imbauan, tetap kami ikuti, dan kalau secara teknis pembelajaran ataupun program-program sekolah di masa tanggal 20 (Desember 2021) sampai 4 Januari nanti akan kita sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan di program pembelajaran," jelasnya.

Khalimi mengatakan, kendati belum diputuskan, kegiatan siswa di periode Nataru direncanakan akan diisi dengan student project dan kegiatan lain yang kesemuanya dilaksanakan daring. Ia mengimbau para siswa tetap menjaga prokes di lingkungan rumah selama sekolah daring.

"Meskipun kami juga sudah melaksanakan sekolah tatap muka terbatas, ya. Namun demikian, program pemerintah juga melakukan penanggulangan COVID-19 di akhir Desember ini cukup ketat ya. Jadi, himbauan kami ke semua siswa itu tetap jaga kesehatan, ikuti prokes, jalankan prokes, itu saja," tuturnya.

Khalimi mengatakan, pembagian rapor juga direncanakan akan berlangsung daring. Pasca Nataru, ia menambahkan, juga ada wacana pergantian libur bagi siswa dengan durasi sekitar 7-14 hari.

"Kemudian kalau titimangsa report juga sesuai dengan kebijakan Kemenag kami ikuti, namun teknis pembagiannya kita juga mungkin tidak akan jauh berbeda dengan yang disampaikan oleh Kemenag, kita akan laksanakan di awal Januari atau di akhir Desember untuk yang report distribution-nya. Dan paling memungkinkan, kalau tidak daring, kita drive thru," jelasnya.

Bagaimana kebijakan libur akhir semester ganjil 2021/2022 di kota kamu, detikers?



Simak Video "Langkah Kemenhub saat 11 Juta Orang Diprediksi Bepergian Libur Nataru"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia