10 Sekolah Pertama di Dunia, Lebih Dahulu Inggris atau China?

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 29 Nov 2021 16:51 WIB
Shishi High School, Chengdu, China, sekolah pertama di dunia.
Shishi High School, Chengdu, China, salah satu sekolah pertama di dunia.
Jakarta - Berbagai sekolah informal sudah ada dan berkembang di peradaban-peradaban tertua di dunia. Di sisi lain, ada sejumlah sekolah formal di dunia yang terdokumentasi dalam sejarah sebagai sekolah pertama di dunia. Apa saja?

Dilansir dari Oldest, sekolah tertua di dunia rupanya banyak berlokasi di Eropa, terutama Inggris. Kendati demikian, sekolah yang tercatat paling tua rupanya tidak terletak di sana.

Sekolah-sekolah pertama di dunia terus buka sejak pertama kali didirikan. Beberapa di antaranya juga masih berlokasi di tempat pendirian semula. Per November 2021, sekolah-sekolah ini masih buka untuk umum.

Sekolah Pertama di Dunia

1. Shishi High School

Shishi High School, Chengdu merupakan salah salah satu sekolah negeri terbaik di China. Sekolah tertua di dunia ini sudah buka sejak sekitar tahun 143-141 SM. Sekolah yang didirikan di zaman dinasti Han ini sempat mengalami kebakaran dan kembali dibangun pada tahun 194 M. Sejak saat itu, sekolah menengah ini tidak pernah berganti lokasi.

Shishi High School kelak menjadi sekolah modern pada 1902 dan menjadi SMA negeri umum pada 1904.

2. The King's School Canterbury

The King's School Canterbury didirikan tahun 597 M di Inggris. Sekolah pertama di Inggris yang masih terus beroperasi ini semula dibuka sebagai bagian Katedral Canterbury pada Abad Pertengahan.

Sejak abad ke-16, sekolah ini tumbuh menjadi sekolah bergengsi di Inggris. Pada tahun 1970-an, siswa perempuan mulai boleh bersekolah di sini. Kelak pada 1990, The King's School Canterbury dibuka untuk siswa perempuan dan laki-laki usia 3-18 tahun.

3. King's Rochester

Sekolah yang berdiri di Rochester, Kent ini merupakan sekolah tertua kedua yang masih terus beroperasi di Inggris. King's Rochester didirikan tahun 604 M, bersamaan dengan Rochester Cathedral, dan tidak mengalami perpindahan sejak pertama dibangun.

Tidak seperti The King's School Canterbury, King's Rochester masih menjadi sekolah katedral hingga kini. Dengan kegiatan musiknya, sekolah ini mengklaim sebagai sekolah dengan koor tertua di dunia.

4. St. Peter School

St. Peter School didirikan oleh Saint Paulinus of York bersamaan dengan Katedral dan Gereja Metropolis Saint Peter di York, Inggris pada tahun 627 M. Seperti The King's School Canterbury, St. Peter School semula adalah sekolah khusus laki-laki. Sejak 1970-an, sekolah ini mulai dibuka untuk siswa perempuan jenjang 2 kelas terakhir sekolah.

5. Thetford Grammar School

Menurut pihak sekolah, Thetford Grammar School didirikan sekitar tahun 631 saat King of East Angles, Sigbert, diperkirakan membangun sekolah di wilayahnya. Namun, menurut catatan sejarah tertua tentang Thetford Grammar School, sekolah ini beroperasi sekitar tahun 1114. Selama 300 tahun, sekolah ini terdiri dari satu bagian yang disebut Old School. Kelak, bangunan-bangunan tambahan dibangun di sekitarnya.

Sejak 2017, sekolah ini dioperasikan perusahaan Inggris Thetford Grammar School Limited, yang dibiayai oleh China Financial Services Holdings (CFSH). Sebab, pendaftaran siswa baru dan pendanaan di sekolah ini merosot di dekade terakhir.

6. Royal Grammar School Worcester

Sekolah bermula dari niat Bishop Bosel sekitar tahun 685 M untuk mendirikan sekolah biarawan sekuler di Worcester, Inggris. Catatan tertulis pertama mengenai Royal Grammar School Worcester tercatat pada sekitar tahun 1265. Tahun itu, Uskup Worcester menunjuk 4 pendeta untuk mengajar di sekolah tersebut.

Sekolah swasta untuk anak usia 2-18 tahun ini sempat menjadi sekolah asrama dan disebut-sebut menyimpan harta karun Charles I sejak Civil War Inggris di abad ke-17. Di akhir abad ke-19, Royal Grammar School Worcester pindah dari daerah belakang gereja St. Swithun ke Upper Tything, Worchester.

7. Beverley Grammar School

Beverly Grammar School diperkirakan sudah beroperasi sekitar tahun 700 M di East Riding of Yorkshire, Inggris, meskipun tanggal pendiriannya tidak diketahui. Meksipun merupakan sekolah negeri khusus laki-laki dengan kurikulum penyetaraan, Beverley Grammar School sejak 2002 berspesialisasi di kelas teknik.


8. Sherborne School

Sherborne School didirikan sebagai sekolah katedral pada tahun 705 M atas perintah King Ine of Wessex pada Aldhelm, Bishop of Sherborne. Sekolah ini masih beroperasi sebagai sekolah asrama khusus laki-laki usia 13-18 tahun di tempat pertamanya berdiri.

9. Gymnasium Paulinum

Gymnasium Paulinum dibangun sekitar tahun 797 M di Munster, North Rhine-Westphalia, Jerman. Sekolah menengah negeri umum ini didirikan Saint Ludger atas instruksi Charlemagne untuk menyebarkan Kristen di Saxony. Kelak, sekolah menengah khusus laki-laki ini berubah menjadi sekolah umum bagi siswa perempuan dan laki-laki.

Sejumlah perdebatan muncul di Jerman menyoal apakah Gymnasium Paulinum atau Gymnasium Carolinum yang lebih tua atau lebih awal didirikan. Untuk itu, kedua sekolah ini menggelar kompetisi sepak bola tahunan sejak 2021. Pemenangnya disebut sebagai "sekolah yang lebih tua.

10. Gymnasium Carolinum

Gymnasium Carolinum di Jerman dibangun tahun 804 M, berdasarkan sertifikat sekolah tertanggal 19 Desember tahun itu. Hingga kini, sekolah ini dan Gymnasium Paulinum memelihara persaingan sehat tentang gelar "sekolah tertua" di Jerman.

Salah satu sekolah pertama di dunia ang semula merupakan sekolah katedral ini kini bertransformasi menjadi sekolah menengah modern. Sejak tahun 1970-an, sekolah ini dibuka untuk siswa perempuan dan laki-laki.



Simak Video "Prediksi Inggris VS Jerman Bersama CISC dan FC Bayern Fan ID"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia