Cara Dapat Kuota Belajar Kemdikbud Oktober 2021, Nomor Jangan Diblokir

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 12 Okt 2021 12:03 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim mengumumkan subsidi kuota belajar akan kembali disalurkan selama tiga bulan ke depan.
Foto: Getty Images/Cara Dapat Kuota Belajar Kemdikbud Oktober 2021, Nomor Jangan Diblokir
Jakarta - Bantuan kuota belajar Kemdikbud kembali cair untuk periode Oktober 2021. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyalurkan bantuan ini untuk 26,6 juta pendidik dan peserta didik.

"Bantuan kuota data internet kembali disalurkan di bulan Oktober ini kepada sejumlah 26,6 juta penerima untuk menunjang pembelajaran baik bagi yang sudah PTM terbatas, maupun yang masih PJJ," ungkap Mendikbudristek Nadiem dalam rilis yang diterima detikEdu pada Selasa (12/10/2021).

Di bulan Oktober 2021, bantuan kuota internet akan disalurkan pada 24,9 juta nomor peserta didik jenjang PAUD hingga pendidikan tinggi dan 1,73 juta pendidik jenjang PAUD sampai pendidikan tinggi.

"Kuota data disalurkan kepada nomor-nomor ponsel yang telah berhasil diverifikasi dan divalidasi sehingga dipastikan akan menerima bantuan," kata Nadiem.

Bantuan kuota belajar Kemdikbud 2021 dapat digunakan untuk mengakses seluruh situs maupun aplikasi, kecuali yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Daftar situs yang diblokir ini bisa kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Agar peserta didik dan pendidik dan pendidik dapat menerima bantuan ini, simak cara memperolehnya.

Cara dapat bantuan kuota belajar Kemdikbud

1. Kepala satuan pendidikan perlu memutakhirkan data siswa, mahasiswa, guru, dan dosen, termasuk nomor ponsel di sistem data pokok pendidikan dan pangkalan data pendidikan tinggi.

2. Kepala satuan pendidikan wajib mengunggah SPTJM ke laman vervalponsel.data.kemdikbud.go.id untuk jenjang PAUD dan pendidikan dasar serta menengah.

Kemudian, untuk jenjang pendidikan tinggi ke kuotadikti.kemdikbud.go.id. Unggah SPTJM pada bulan ini paling lambat 7 Oktober 2021.

Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Kapusdatin) M. Hasan Chabibie menjelaskan, "Agar semua peserta didik dan tenaga pendidik mendapatkan bantuan data kuota internet ini, kami harap kepala sekolah dan pimpinan pendidikan tinggi dapat memutakhirkan data nomor ponsel pada Dapodik dan PDDikti, agar semua warga pada satuan pendidikan dapat menerima bantuan ini."

Informasi tentang bantuan kuota belajar Kemdikbud ini juga dapat dilihat selengkapnya di kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Simak Video "Mekanisme Penerimaan Lanjutan Bantuan Kuota Data Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia